Jelaskan perbedaan dari proposal kegiatan, penelitian dan bisnis!

Posted on

Jelaskan perbedaan dari proposal kegiatan, penelitian dan bisnis!

Jawaban Terkonfirmasi

Perbedaan proposal kegiatan, proposal penelitian dan proposal bisnis terletak pada isi proposal. Proposal kegiatan merupakan rancangan suatu kegiatan yang akan diselenggarakan. Proposal bisnis merupakan rancangan yang berisi rencana usaha yang akan diajukan kepada pihak yang akan diajak kerja sama atau investor. Sedangkan proposal penelitian merupakan pengajuan penelitian dalam bidang akademisi.

Pembahasan

Proposal ialah suatu rancangan serta rencana kerja secara detail dan sistematis. Proposal dibuat dengan tujuan menjadi acuan dan pedoman dari sebuah usaha tertentu atau rencana pelaksanaan kegiatan. Ada beberapa macam proposal yaitu proposal kegiatan, proposal penelitian dan proposal bisnis.

  • Proposal kegiatan bertujuan untuk mengajukan rencana penyelenggaraan sebuah kegiatan. Contoh proposal kegiatan ialah proposal pertunjukan pentas seni, proposal penyelenggaran lomba futsal antar kelas, proposal penyelenggaraan kemah Persami dan lain sebagainya.
  • Proposal penelitian merupakan salah satu jenis proposal dalam bidang akademisi yang diajukan untuk melakukan penelitian dan riset mengenai suatu topik. Proposal penelitian biasanya berisi hipotesis, teori, pembuktian serta kesimpulan hasil penelitian. Contoh proposal penelitian ialah proposal penelitian untuk skripsi, proposal penelitian untuk tesis, proposal penelitian riset pengembangan dan lain sebagainya.
  • Proposal bisnis bertujuan untuk memaparkan rencana usaha yang akan dijalankan. Contoh proposan bisnis ialah proposal pendirian tempat usaha.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang contoh proposal kegiatan umum brainly.co.id/tugas/15677980
  2. Materi tentang perbedaan proposal kegiatan dan penelitian brainly.co.id/tugas/26733502
  3. Materi tentang persamaan dan perbedaan proposal kegiatan dan penelitian brainly.co.id/tugas/9362199

Detail jawaban

Kelas: XI

Mapel: Bahasa Indonesia

BAB: 3

Kode: 11.1.3

#AyoBelajar