Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah untuk kelas 3

Posted on

Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah
untuk kelas 3

Jawaban Terkonfirmasi

Cerita pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah disekolah  

Pada saat musyawarah menentukan tentang siapa ketua kelas yang baru, hampir semua teman yang mengikuti musyawarah dengan cara melalukan voting kepada dua kandidat yaitu yanto dan budi.

Voting untuk memilih ketua kelas pun berjalan dengan lancar tidak terjadi pertengkaran antar anggota.

Akhirnya terpilihlah budi sebagai ketua kelas, dan terjadi kesepakatan bersama yang hampir semua anggota menerima hasil keputusan bersama. begitu juga dengan Yanto meskipun dia tidak terpilih sebagai ketua kelas ia tetap menerima keputusan dengan lapang dada, ia menghargai hasil keputusan yang telah diperoleh bersama.

Pembahasan  

Apa itu menghargai ? yaitu perilaku yang menunjukkan menerima orang lain dengan apa adanya, tidak melecehkan maupun mendiskriminasi. Sikap menghargai berlaku pada semua aspek, seperti pendapat, derajat sosial, ras, suku, keyakinan, dan lain sebagainya.

  • Dalam konteks cerita diatas yang termasuk wujud dari menghargai adalah seperti yang ditunjukkan oleh sikap yanto, meskipun dia tidak terpilih dia tidak marah-marah, dia bisa berlapang dada menerima hasil keputusan akhir dan menghargai keputusan setiap temannya.

Sedangkan apa itu Musyawarah? suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian.

  • Musyawarah pada cerita diatas diwujudkan dalam bentuk pemilihan ketua kelas, cara pemecahan masalah supaya dapat menghasilkan ketua kelas baru adalah dengan voting atau mengambil suara terbanyak dari siswa yang hadir untuk menentukan siapa yang layak menjadi ketua kelas yang baru.

Pelajari lebih lanjut  

  1. Materi tentang Contoh hidup rukun dalam masyarakat https:// brainly.co.id/tugas/15609132
  2. Materi tentang Contoh Hak anak di lingkungan sekolah https:// brainly.co.id/tugas/1250754
  3. Materi tentang Contoh saling tolong menolong di lingkungan sekolah https:// brainly.co.id/tugas/34565804

Detil Jawaban

Kelas: II

Mapel: PPKN

Bab: Bab 4 – Sikap Demokratis

Kode: 2.9.4

#JadiRankingSatu