Perhatikan gambar tumpukan sampah organik tetsebut ! Usaha manusia yg dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi persoalan seperti dalam gambar tersebut

Posted on

Perhatikan gambar tumpukan sampah organik tetsebut ! Usaha manusia yg dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi persoalan seperti dalam gambar tersebut

Jawaban Terkonfirmasi

Usaha manusia yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mmengatasi persoalan sampah organik dapat dilakukan degan cara mendaur ulang sampah, membuatnya menjadi pupuk kompos dan membuat biogas.

Pembahasan :

Salah satu masalah serius yang diihadapi masyarakat semua dderah adallah sampah Sampah pada linngkungan dapat mencemari keadaan alam sekitar, apalalgi masih banyak ditemukan membuang sampah sembarang.

Sampah organik

Merupakan sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup seperti pada tumbuhan, sisa sayuran dan buah. Pada jenis sampah ini tidak terlalu menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Cara mengatasi sampah oorganik adalah dengan cara :

  1. Mendaur ulang sampah yang tidak terpakai kemmbali, seperti sisa sayuran di dapur untuk makanan ternak.
  2. Membuat pupuk kompos, sampah yang berasal dari dedaunan, kotoran hewan dapat difermentasikan untuk membuat ppuk kompos yang dapat digunakan kembali sebagai penyubur tanaman.
  3. Pembuatan biogas, secara anaerobik sampah berupa kotoran akan dimasukan ke dalam tabung dan difermentaasikan untuk menghasilkan sumber daya berupa gas metana yang dapat digunakan sebagai pengganti gas elpiji.

Sampah anorganik

Pada sampah jenis anorganik tidak dapat diuraikan oleh lingkungan. Jenis sampah ini dapat berupa plastik, cara menangulanginya dengan cara mendaur ulang plastik menjadi ember, tempat sampah.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang sampah anorganik brainly.co.id/tugas/10295000

materi tentang mengatasi sampah brainly.co.id/tugas/4809533

——————————————————

Detail jawaban

Kelas: 10 SMA

Mapel: Biologi

Bab:  Ekologi

Kode: 10.4.10

Kata kunci: Sampah organik