Pengaruh apa saja yang timbul akibat adanya mobilitas penduduk ?

Posted on

Pengaruh apa saja yang timbul akibat adanya mobilitas penduduk ?

Penjelasan:

1. Migrasi Antar negara (internasional), yaitu perpindahan suatu penduduk dari suatu negara ke neara lain. Adapun jenis-jenis migrasi Internasional ini adalah sebagai berikut :

a. Imigrasi, yaitu masuknya penduduk dari negara lain ke suatu negara. Contoh : Masuknya orang India ke Indonesia. orang India tersebut disebut imigran

b. Emigrasi, yaitu keluarnya suatu penduduk dari suatu negara ke negara lain. Contoh : Ana berasal dari Indonesia melakukan perpindahan ke Negara Malaysia, lalu dia pindah lagi ke Negara Thailand.

c. Remigrasi, yaitu kembalinya para emigrant ke negara asalnya. Contoh : Orang Jakarta yang tadinya pindah ke Thailand kembali lagi ke Indonesia (Jakarta).

Image

Gambar 3. Jenis migrasi.

2. Migrasi dalam negeri (nasional), migrasi ini terjadi di negara sendiri. Baik itu antar provinsi, kabupaten, kota. Adapun jenis-jenis migrasi Nasional adalah sebagai berikut :

a. Transmigrasi, yaitu perpindahan dari suatu pulau yang padat penduduknya ke pulau yang jarang penduduknya

b. Urbanisasi, yaotu perpindahan penduduk dari kota ke desa untuk menetap.

c. Evakuasi, yaitu perpindahan penduduk yang diidentikan dengan pengungsian penduduk dari daerah asal ke daerah yang lain karena ada suatu ketidaknyamanan.