Jelaskan manakah media promosi yang paling efektif di gunakan menurut pendapatmu berikan alasan nya​

Posted on

Jelaskan manakah media promosi yang paling efektif di gunakan menurut pendapatmu berikan alasan nya​

Jawaban:

Alasan memilih media promosi yang tepat adalah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bisnis (apa yang dipromosikan).

Jawaban:

Tujuan Promosi Penjualan

Sebenarnya apa sih yang dituju dari sebuah aktivitas promosi?

Jika merujuk dari definisi promosi yang dikemukakan, sebenarnya sudah jelas bahwa tujuannya adalah untuk menarik audience untuk menerima produk, ide atau gagasan yang dipromosikan.

Namun, jika mau dispesifikkan lagi, maka ada beberapa tujuan dari sebuah promosi yang dilakukan oleh seseorang. Apa saja tujuannya?

1.Tersampaikannya informasi tentang sebuah produk, jasa, ide atau gagasan.

2.Terjalinnya komunikasi antara promotor dengan audience penerima informasi.

3.Terjadinya interaksi antara promotor dengan audience terkait produk yang dipromosikan.

4.Terjadinya transaksi penjualan atas produk yang dipromosikan.

5.Terjalinnya kerjasama antara promotor dengan audience terkait produk yang dipromosikan.

Kira-kira media apa saja yang sering dipakai untuk promosi?

Koran atau Majalah

Sampai saat ini kita masih bisa menjumpai promo-promo yang dilakukan melalui Koran atau majalah. Meskipun kabarnya para pembaca Koran dan majalah mulai menurun, tapi enggak menutup kemungkinan bahwa promosi melalui media tersebut masih cukup efektif.

Televisi

Televisi juga jadi salah satu media promosi yang favorit. Terutama kaum emak-emak yang gemar sekali nonton sinetron atau drama di televisi. Bisasanya promosi di televisi ini berbentuk iklan yang tayang di sela-sela tayangan acara TV.

Radio

Meski sudah mulai redup, promosi melalui radio juga sangat mungkin untuk dilakukan. Secara teknis, promosi melalui radio ini efektif untuk menjangkau orang-orang di daerah pedalaman yang tidak terjangkau signal internet dan media Koran.

Pesan WhatsApp

Pesan WhatsApp menurut saya adalah media promosi yang paling sering dipakai. Apalagi melihat jumlah pengguna aplikasi WhatsApp yang terbilang sangat banyak. Mungkin alasan biaya yang murah menjadi salah satu factor bagi seseorang untuk memilih melakukan promosi melalui WhatsApp.

Media Sosial

Media sosial menjadi yang paling favorit menurut saya. Dari tahun ke tahun jumlah pengguna media sosial di Indonesia selalu meningkat. Sehingga hal ini membuat para pebisnis memanfaatkannya untuk melakukan promosi. Dan, buktinya sudah banyak yang berhasil dan sukses melakukannya.

Blog

Kelihatannya saat ini dunia perblogeran mulai menggeliat. Mulai banyak orang yang rela resign demi menjadi fulltime bloger. Karena memang ada peluang yang menggiur di sana. Salah satunya sebagai publisher iklan.

Seperti gayung bersambut, para pemilik produk pun mulai menyadari kekuatan para bloger ini untuk diajak kerjasama dalam promosi. Sepertinya ke depan media blog ini akan semakin tumbuh dan berkembang sebagai media promosi yang efektif.

Website

Media promosi lainnya yang sering dipakai adalah website. Zaman sekarang website menjadi salah satu media yang berembang pesat untuk mempromosikan suatu bisnis atau jasa. Ada anggapan bahwa ketika sebuah bisnis kita memiliki website, brandingnya semakin baik.