Bagai mana cara berdakwah sunan kali jaga​

Posted on

Bagai mana cara berdakwah sunan kali jaga​

Jawaban:

Sunan Kalijaga berdakwah menggunakan pendekatan kultural melalui wayang.

Penjelasan:

Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga adalah wali yang memadukan seni budaya dengan dakwah. salah satu terobosan nya yaitu menggunakan wayang kulit sebagai media dakwah. kesenian wayang kulit merupakan seni pertunjukan yang menjadi warisan seni budaya Indonesia yang paling menonjol diantara warisan budaya lain. kesenian asli pulau Jawa ini bisa dikatakan telah mewakili hampir semua bidang seni yang digelar dalam suatu pertunjukan di antaranya seni peran musik rupa dan sastra. wayang kulit adalah kesenian Indonesia yang sangat tua karena telah berusia lebih dari 5 abad.

dahulu wayang kulit dipertunjukkan di masjid. masyarakat bebas untuk menyaksikan dengan syarat harus berwudhu dan mengucap syahadat sebelum masuk masjid. wayang

kulit merupakan produk budaya yang telah ada sebelum Islam berkembang di pulau Jawa. namun setelah islam datang dan disebarkan wayang telah mengalami perubahan. nama-nama tokoh pewayangan khas jawa (punakawan) seperti Semar, Petruk, Bagong, dan Gareng pun berasal dari bahasa Arab. setiap tokoh memiliki karakter tertentu yang memiliki peran sebagai media syiar dan dakwah Islam pada zaman itu.

====================================

Semoga Membantu :)))

No Copas Google!!!!!!!!!

#LEARNWITHBRAINLY

{boxed{colorbox{magenta}{ : ♡ : answer : by : evaacanss : ♡ : }}}