Tulislah tata cara pemukulan/tanda alarm saat menggunakan kentongan​

Posted on

Tulislah tata cara pemukulan/tanda alarm saat menggunakan kentongan​

Jawaban:

Kentungan merupakan alat komunikasi zaman dahulu yang dapat berbentuk tabung maupun berbentuk lingkaran dengan sebuah lubang yang sengaja dipahat di tengahnya.[butuh rujukan] Dari lubang tersebut, akan keluar bunyi-bunyian apabila dipukul.[butuh rujukan] Kentungan tersebut biasa dilengkapi dengan sebuah tongkat pemukul yang sengaja digunakan untuk memukul bagian tengah kentungan tersebut untuk menghasilkan suatu suara yang khas.[butuh rujukan] Kentungan tersebut dibunyikan dengan irama yang berbeda-beda dan keras untuk menunjukkan kegiatan atau peristiwa yang berbeda.[butuh rujukan] Pendengar akan paham dengan sendirinya pesan yang disampaikan oleh kentungan tersebut.[butuh rujukan]biasanya kentongan zaman dahulu ada di tempat tempat penting, seperti rumah kepala lurah atau RT, dan tempat lain.

maaf kalau salah

Penjelasan:

Jawaban:

a. Kentongan (Tabung)

berbentuk lingkaran dengan sebuah lubang yang sengaja dipahat di tengahnya. Dari lubang tsb, akan keluar bunyi-bunyian apabila dipukul. Kentongan tsb biasa dilengkapi dengan sebuah tongkat pemukul yang sengaja digunakan untuk memukul bagian tengah kentongan tsb untuk menghasilkan satu suara yang khas.

b. Talempong (Pencon)

Talempong berbentuk lingkaran dengan diameter 15-17,5 cm, pada bagian bawahnya berlubang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter 5 cm sebagai tempat untuk dipukul. Talempong memiliki nada yang berbeda-beda. Bunyinya dihasilkan sepasang yang dipukulkan pada permukaannya

Kesimpulan :

Kedua alat tersebut dimainkan dengan cara dipukul.

Penjelasan:

Maaf banget kalok salah ya kak