Jelaskan fungsi organ generatif pada tumbuhan bunga matahari!​

Posted on

Jelaskan fungsi organ generatif pada tumbuhan bunga matahari!​

Jawaban:

Perkembangbiakkan generatif adalah perkembangbiakkan yang dilakukan dengan reproduksi dengan kawin (seksual). Pada tanaman ini terjadi dimana terjadi penyerbukan dengan bersatunya serbuk sari tanaman sebagai sel kelamin jantan dengan putik bunga sebagai sel kelamin betina.

Manfaat dari perkembangbiakkan generatif pada tumbuhan:

1. Dapat melakukan pengembangan varietas tanaman baru dengan penyilangan

Reproduksi generatif dilakukan dengan menggabungkan materi genetiknya melalui pembuahan sel kelamin betina oleh sel kelamin jantan. Pembuahan ini akan menghasilkan zigot yang kemudian berkembang menjadi individu baru.

Sehingga perpaduan ini dapat digunakan untuk mengebangkan varietas tanaman baru yang menyilangkan sifat unggul dari kedua induk.

Misalnya dengan mengawinkan padi tahan kering namun berbiji sedikit, dengan padi tidak tahan kering namun berbiji banyak, untuk menghasilkan padi tahan kering dan berbiji banyak.

2. Menghasilkan bibit yang memiliki akar dan batang kuat

Tanaman yang dihasilkan dari biji dalam perkembangbiakkan generatif juga memiliki akar dan batang yang lebih kuat, bila dibandingkan dengan bibit dari perkembangbiakan vegetatif seperti pencangkokan.

Karena itu tanaman di pinggir jalan raya umumnya ditanam dari bibit hasil perkembangbiakkan generatif, agar tidak mudah tumbang ke jalan saat terkena angin kencang.

3. Melestarikan keanekaragaman hayati

Karena dalam perkembangbiakkan generatif terjadi perpaduan materi generik, maka perkembangbiakkan generatif dapat bermanfaat dalam melestarikan keanekaragaman hayati. Hal ini berbeda dengan bibit dari perkembangbiakan vegetatif yang seragam materi genetiknya dan sama persis dengan induk.

4. Menghasilkan tanaman yang lebih tahan hama

Materi genetik yang seragam pada bibit dari perkembangbiakan vegetatif dapat berdampak buruk terhadap ketahanan tanaman akan hama. Ketika satu hama menyerang tanaman yang seragam ini, maka akan mudah menyebar dan membuat seluruh perkebunan atau lahan pertanian rusak. Sebaliknya bibit dari perkembangbiakan generatif yang beragam akan memiliki kekebalan terhadap hama tanaman, dan tidak mudah rusak.

Penjelasan:

jadiin jawaban terbaik yaa :v