Jelaskan sejarah pengiring pertunjukan ketoprak pertama kali

Posted on

Jelaskan sejarah pengiring pertunjukan ketoprak pertama kali

Jawaban Terkonfirmasi

Jelaskan sejarah pengiring pertunjukan ketoprak pertama kali adalah menggunakan lesung yang terbuat dari batang pohon nangka. Pada awalnya Ki Wisangkara mendapatkan sebuah titah dari Prabu Prangwadana untuk menebang pohon nangka yang ada didalam pelataran Prang Wadana untuk dibuat menjadi lesung. Sebelum menebang pohon itu, beliau melakukan puasa selama 40 hari lamanya. Akhirnya pohon nangka itu ditebang dan batangnya dijadikan lesung yang kemudian diberikan nama Kyai Wreksotomo oleh Ki Wisangkara. Baru lah pada sekitar tahun 1920an lesung tadi dijadikan pengiring dalam kethoprak.

Pembahasan

Haloo adik adik yang ganteng ganteng dan cantik cantik balik lagi nih sama kakak kece. Gimana kabar kalian? Insyaallah sehat sehat terus yaa. Kali ini kakak a1m akan mencoba membantu menjawab pertanyaan ini ya, kuy deh dibaca pelan pelan biar masuk hati

Kethoprak adalah sebuah teater rakyat atau drama tari yang tradisional orang Jawa yang memiliki ciri khas kenthongan yang digunakan sebagai iringannya. Disebut dengan drama tari sebab pada awal mula dari pertunjukkan drama ini menggunakan tarian improvisasi. Menurut penjelasan dari Kuswaji Kawindra Susanto pada saat Lokakarya 7 – 9 Febuari 1974 di Yogyakarta asal kata kethoprak merupakan dari kata Prak yang berasal dari suara Thiprak.  Nah kethoprak ini terbagi menjadi 3

1. Kethoprak lesung

Kethoprak lesung merupakan jenis kethoprak pada awal perkembangan seni kethoprak yang berhasil dicatat oleh para ahli. Kethoprak lesung adalah kethoprak yang menggunakan lesung sebagai iringannya. Jenis kethoprak ini berkembang sekitar akhir tahun 1800 sampai awal tahun 1900 (1887-1925).

Pada awal perkembangannya, seni kethoprak lesung berfungsi sebagai media hiburan yang syarat dengan makna religius. Hal ini terlihat pada pertunjukan kethoprak dalam acara ucapan syukur kepada penguasa alam dengan menabuh lesung atau kothekan.

2. Kethoprak Peralihan

Kethoprak peralihan hidup dan berkembang sekitar tahun 1925 sampai dengan tahun 1927 dengan ciri-ciri Iringan menggunakan lesung ditambah terbang, rebana, dan suling.

Pada tanggal 5 Januari 1909 ketika perkawinan Sri Pakualam VII dengan Kanjeng Putri Retno Puwasa putra kanjeng PB 10, keraton Surakarta mengadakan pertunjukan kethoprak dengan sangat mewah dan glamour. Setelah kejadian tersebut seni kethoprak sering digelar di dalam keraton.

Pada tahun 1924 Ki Wisangkara abdi dalem kraton Surakarta mendirikan Grup Sambeng. Untuk kelangsungan hidup pemain kethoprak, pada tahun ini Ki Wisangkara menjual karcis pentas di Madyataman dengan pemain Jaya Truna Rese.

Pada tahun ini pula, Ki Wisangkara menerima perintah dari P. Prangwadana untuk menebang pohon nangka di pelataran dalem Prang Wadanan untuk dibuat lesung. Sebelum menebang pohon nangka, Ki Wisangkara berpuasa 40 hari. Setelah ditebang batang pohon nangka kemudian dibuat lesung. Lesung tersebut kemudian diberi nama Kyai Wreksotomo. Pada tahun 1925-an lesung Kyai Wreksotomo digunakan untuk mengiringi kethoprak.

3. Kethoprak Gamelan

Kethoprak gamelan dimulai tahun pada 1927. Kethoprak gamelan adalah kethoprak yang menggunakan gamelan lengkap sebagai iringannya. Kethoprak gamelan mula-mula hanya dipentaskan di pendhopo rumah sehingga sering disebut dengan istilah kethoprak pendhapan.

Demikian lah penjabar dari kakak, semoga dengan ilmu yang sedikiti ini dapat bermanfaat untuk adik adik semua.

Jangan lupa terus berusaha dan berdoa.

Pelajari lebih lanjut

1. Tujuan awal diciptakannya kesenian ketoprak

brainly.co.id/tugas/21585661

2. Pengertian ketoprak

brainly.co.id/tugas/22820511

3. Perbedaan pagelaran ludruk dengan ketoprak

brainly.co.id/tugas/25170837

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 8 SMP

Mapel: seni budaya

Bab: Bab 15 – Konsep Teater Tradisional

Kode: 8.19.15

Kata kunci: music ketoprak, kesenian ketoprak, lesung pohon nangka, Kethoprak Peralihan, Kethoprak Gamelan

#AyoBelajar

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban