Tuliskan 10 sungai di Jawa Timur dan tolong di deskripsikan dengan singkat saja,, butuh sekaraaang​

Posted on

Tuliskan 10 sungai di Jawa Timur dan tolong di deskripsikan dengan singkat saja,, butuh sekaraaang​

Jawaban:

sungai brantas,sungai widas,sungai bengawan,sungai grindulu,sungai bedadung,sungai mas,sungai konto,sungai banyu pahit,sungai sampang,sungai serang

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

1. Sungai Banyupahit

Sungai Banyupahit adalah sebuah sungai di Jawa Timur, Indonesia.

2. Sungai Bedadung

Sungai Bedadung adalah sebuah sungai yang terletak di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Sungai ini memiliki panjang sekitar 161 Km mengalir dari lereng barat Pegunungan Iyang melintasi pusat kota Jember dan bermuara ke Teluk Dampa, Samudera Hindia dekat Puger.

3. Sungai Bengawan Madiun

Bengawan Madiun atau Kali Madiun adalah sebuah sungai yang merupakan anak sungai terbesar Bengawan Solo. Dikenal karena melalui kota Madiun, Jawa Timur, Indonesia.

Sungai ini bermula dari penyatuan aliran air dari sejumlah sungai-sungai kecil yang bermula di sekitar kota Ponorogo, terutama Kali Slahung, Kali Keyang dan Kali Sungkur. Menyatu dengan Bengawan Solo di dekat kota Ngawi.

4. Sungai Bengawan Solo

Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa, Indonesia dengan dua hulu sungai yaitu dari daerah Pegunungan Sewu, Wonogiri dan Ponorogo, selanjutnya bermuara di daerah Gresik.

"Bengawan" dalam bahasa Jawa berarti "sungai yang besar". Pada masa lalu, sungai ini pernah dinamakan Wuluyu, Wulayu, dan Semanggi.

5. Sungai Brantas

Sungai Brantas adalah sebuah sungai di provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Bengawan Solo.

6. Sungai Grindulu

Sungai Grindulu adalah sungai di Jawa Timur, Pulau Jawa, Indonesia.

Mengalir di wilayah Kabupaten Pacitan, mulai dari Gunung Gembes di perbatasan Desa Jeruk dengan Desa Bangunsari di Kecamatan Bandar lalu melewati Kecamatan Tegalombo, Kecamatan Arjosari, Kecamatan Pacitan dan bermuara di Samudera Hindia, tepatnya di Kelurahan Ploso.

Sungai Grindulu memiliki panjang sekira 70 Kilometer mengalir berarah timurlaut-baratdaya lalu berbelok ke selatan.

7. Sungai Jagir

Kali Jagir adalah merupakan salah satu anak Sungai Mas dan merupakan sungai buatan pada zaman penjajahan Belanda yang mengalir ke arah timur di Kota Surabaya.

Kali Jangir terletak di sepanjang Jl. Jagir Wonokromo.

Zaman dahulu, Kali Jagir berair jernih, sehingga banyak juga dimanfaatkan masyarakat untuk MCK, atau sekadar berenang.

Namun sayang, akibat pencemaran air Kali Jagir berwarna keruh, dan saat ini Pemkot Surabaya telah memulai membersihkan Kali Jagir.

8. Sungai Konto

Kali Konto adalah sebuah sungai di Jawa Timur, Indonesia.

Sungai ini bersumber dari Pegunungan Argowayang-Anjasmoro di Kabupaten Malang mengalir ke barat laut melintasi Kabupaten Kediri dan bermuara di Sungai Brantas di Kabupaten Jombang.

Di daerah Ngantang, Kali Konto dibendung untuk pembangunan Waduk Selorejo sebagai sumber irigasi bagi pertanian juga digunakan untuk PLTA Selorejo.

9. Sungai Mas

Kali Mas, adalah pecahan sungai Brantas yang berhulu di Kota Mojokerto, mengalir ke arah timur laut dan bermuara di Surabaya, menuju Selat Madura).

Di beberapa tempat Kali Mas menjadi batas alam Kabupaten Sidoarjo dengan Kabupaten Gresik.

10. Sungai Porong

Kali Porong adalah sungai di provinsi Jawa Timur, Indonesia, terletak sekitar 40 km di sebelah selatan Surabaya.

Sungai ini merupakan salah satu sodetan atau terusan Sungai Brantas di Kota Mojokerto, mengalir ke arah timur dan bermuara di Selat Madura.

Penjelasan: