Pada proses pembentukan urine terdapat komponen-komponen sebagai berikut. 1. Glukosa 2. Garam 3. Sel darah 4. Protein 5. Ion kalium Zat – zat yang tersaring di glomerulus ditunjukkan oleh angka?… a. 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 3 dan 4 d. 4 dan 5

Posted on

Pada proses pembentukan urine terdapat komponen-komponen sebagai berikut. 1. Glukosa 2. Garam 3. Sel darah 4. Protein 5. Ion kalium Zat – zat yang tersaring di glomerulus ditunjukkan oleh angka?… a. 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 3 dan 4 d. 4 dan 5

Jawaban Terkonfirmasi

Pada proses pembentukan urine, komponen yang tersaring di glomerulus adalah air, garam, asam amino, glukosa, urea serta limbah lainnya untuk melewati kapsul Bowman. Hasil dari penyaringan di glomerulus tersebut mengahasilkan urine primer.  

Pembahasan

Urine merupakan sisa metabolisme yang diekskresikan oleh ginjal yang dikeluarkan melalui sistem perkemihan atau urinaria karena sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh bahkan jika tidak dikeuarkan akan meracuni tubuh. Sistem pembentukan urine manusia terdiri dari dua ginjal, dua ureter, satu kandung kemih dan satu uretra. Proses pembentukan urine terdiri dari tiga proses yaitu filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi.

Proses pembentukan urine antar lain:

Filtrasi atau penyaringan

Filtrasi merupakan bagian pertama dalam pembentukan urine yaitu proses penyaringan darah yang mengandng zat sisa metabolisme apabila tidak dikeluarkan akan menjadi racun bagi tubuh. Filtrasi terjadi di badan malphigi terdiri dari glomerulus dan kapsul Bowman. Komponen yang tersaring di glomerulus adalah air, garam, asam amino, glukosa, urea serta limbah lainnya untuk melewati kapsul Bowman. Hasil dari penyaringan di glomerulus tersebut mengahasilkan urine primer.

Reabsorpsi atau penyerapan kembali  

Reabsorpsi terjadi di tubulus proksimal nefron, lengkung Henle, tubulus pengumpul serta tubulus distal. Air, glukosa, asam amino, natrium diserap lagi ke aliran darah di kapiler yang mengelilingi tubulus. Pada proses reabsorpsi menghasilkan urine sekunder.

Augmentasi atau pengumpulan atau sekresi

Sekresi merupakan tahap akhir dalam proses pembentukan urine yaitu dimana urine akhirnya dikeluarkan.  

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang sistem ekskresi brainly.co.id/tugas/10366458
  2. Materi tentang letak glomerulus brainly.co.id/tugas/22203828

——————————————————

Detail jawaban

Kelas: 9 – SMP

Mapel: Biologi


Bab:
Bab 2 – Sistem Ekskresi pada Manusia


Kode:
9.4.2

Kata kunci: Proses pembentukan urine, sistem ekskresi manusia, filtrasi, reabsorpsi, ekskresi

AJ.