Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan keberadaan lingkungan disebut

Posted on

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan keberadaan lingkungan disebut

Jawaban Terkonfirmasi

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan keberadaan lingkungan disebut … Adaptasi

Pembahasan:

Adaptasi adalah proses yang dilakukan dan sifat yang dimiliki makhluk hidup agar bisa bertahan hidup dilingkungannya. Adaptasi merupakan mekanisme agar makhluk hidup bisa mengatasi kondisi sulit di lingkungannya.

Organisme dan spesies yang mampu beradaptasi akan bisa bertahan hidup dan melakukan reproduksi, sehingga bisa mewariskan sifat dan perilaku adaptif tersebut ke generasi berikutnya. Sebaliknya organisme atau spesies yang tidak bisa beradaptasi akan punah. Adaptasi ini merupakan reaksi dari seleksi alam dan merupakan bagian penting dari terjadinya evolusi.

Adaptasi dapat berupa adaptasi morfologi (adaptasi dengan bentuk tubuh), adaptasi fisiologi (adaptasi fungsi tubuh) dan adaptasi tingkah laku. Semua jenis adaptasi ini bertujuan agar makhluk hidup bisa bertahan hidup.

Adaptasi morfologi misalnya adalah warna kulit hitam di manusia yang hidup di daerah Tropis. Kulit hitam ini disebabkan oleh tingkat melanin yang tinggi. Melanin bermanfaat untuk melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet matahari, yang dapat menyebabkan kanker berbahaya.

Adaptasi fisiologi misalnya adalah otor yang lebih besar pada olahragawan atau orang yang bekerja keras. Otot yang besar ini timbul akibat latihan dan aktivitas berat dan membantu tubuh melakukan aktivitas tersebut.

Adaptasi perilaku misalnya adalah kebiasaan manusia yang menyimpan air atau menggali sumur di daerah kering, agar bisa mendapat air meski tidak ada hujan.

——————————————————————–

Pelajari lebih lanjut:

Jelaskan adaptasi buah naga!

brainly.co.id/tugas/20780887

Detail Jawaban  

Kode: 7.4.8  

Kelas: VII  

Mata pelajaran: Biologi    

Materi: Bab 8 – Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan  

Kata kunci: Adaptasi