Buat lah contoh ringkasam novel remaja​

Posted on

Buat lah contoh ringkasam novel remaja​

Jawaban:

Judul Buku: Tentang Kamu

Penulis: Tere Liye

Tebal Buku: 524 halaman

Penerbit: Republika Penerbit, Jakarta

Tahun Terbit: Oktober 2016

Sinopsis

Tentang Kamu, merupakan novel karya Tere Liye. Novel tersebut menceritakan kisah hidup wanita dari keluarga miskin yang tinggal di Pulau Bungin, Kepulauan Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wanita itu adalah Sri Ningsih.

Perjalanan dimulai dari Zaman yang datang ke tempat Sri Ningsih kecil. Zaman menceritakan masa kecil Sri Ningsih yang tinggal bersama ibu tirinya. Bapaknya melaut tidak pulang-pulang sehingga ibu tirinya menjadi galak dan sering memukuli Sri Ningsih. Suatu hari terjadi kebakaran yang membuat ibu tirinya meninggal. Ia dan adiknya tinggal di pondok pesantren di Surakarta.Sri Ningsih adalah wanita pekerja keras. Ia pernah menjadi pedagang kaki lima, membuka rental mobil hingga membuka pabrik sabun sendiri di Jakarta. Lalu, Ia memutuskan untuk ke London. Perjalanan hidupnya berakhir di Paris. Ia tinggal di panti jompo sebelum meninggal. Ia meninggalkkan surat wasiat yang unik sehingga jejak hidupnya dapat ditelusuri oleh Zaman.

Penjelasan:

maaf klo salah

Jawaban:

Judul Novel: Laskar Pelangi

Penulis Novel: Andrea Hirata

Penerbit: Bentang Pustaka

Tahun Pertama Terbit: 2005

Jumlah Halaman Novel: 529 halaman

Penjelasan:

Diawali perihal kisah masa kecil si kecil-si kecil desa dari suatu komunitas melayu yang bisa dikatakan amat miskin di Belitung.

Kisah orang-orang ‘kecil’ yang berusaha untuk mengoreksi masa depan mereka.

Yang dari kisah miris dunia pendidikan di indonesia dimana sebuah terdapat sekolah yang kekurangan murid hendak ditutup.

Tepatnya di SD Muhammadiyah Belitung. Pada ketika itu yaitu ketika yang menegangkan bagi kesembilan murid yang menimba ilmu di SD Muhammadiyah ini.

Kesembilan Murid Ia yaitu Ikal, Sahara, Lintang, A kiong, Kucai, Syahdan, Borek, A ling dan terepani.

Mereka tengah cemas karena SD Muhammadiyah yang mereka tempati akan ditutup kalau murid yang menimba ilmu di SD tersebut tidak genap sepuluh.

Mereka amat cemas. SD Muhammadiyah adalh SD tertua di desa Belitung.

Sehingga kalau ditutup akan kasihan pada keluarga mereka karena tidak kapabel menyekolahkan si kecil-buah hatinya yang berharap menimba ilmu. Disinilah perjalanan mereka dimulai.

Pada ketika seluruh murid telah galau datanglah Harun, Seorang yang memiliki keterbelakangan mental.

Walhasil yaitu seorang pahlawan karena ia menyelamatkan ke sembilan temannya yang berharap terus menimba ilmu serta menyelamatkan berdirinya SD Muhammadiyah belitung tersebut.

Unsur karena murid yang teregistrasi disekolah tersebut genap 10, sekolah dengan bangunan ala kadarnya tersebut konsisten diperbolehkan beraktifitas seperti sekolah pada lazimnya.

Ke sepuluh murid tersebut yaitu murid para laskar pelangi. Sebuah nama yang diberi oleh guru mereka yang bernama Bu Mus, oleh karena kegemaran mereka kepada keindahan pelangi.

Tokoh dalam novel ini yaitu Lintang, Ikal, Mahar, Sahara, Syahdan, A kiong, Borek, Kucai, Trapani, A ling, Harun, Bu silmah, Pak Harfan, Flo. Mereka seluruh yaitu teman yang kisahnya memikat dunia melalui tangan dingin sang penulis.