Jelaskan faktor yang mempengaruhi fotosintesis?

Posted on

Jelaskan faktor yang mempengaruhi fotosintesis?

Jawaban Terkonfirmasi

Faktor-faktor yang mempengaruhi Fotosintesis adalah:

  1. Konsentrasi Karbondioksida, bagi tumbuhan karbondioksida memiliki peranan penting dalam mempercepat proses fotosintesis.
  2. Air, bagi tumbuhan air merupakan salahs satu unsur dalam fotosintesis. Selain itu air juga berguna untuk proses transpirasi bagi tumbuhan.
  3. Cahaya, cahaya merupakan salah satu unsur juga dalam proses fotosintesis. Cahaya yang dilihat atau dibutuhkan tumbuhan tergantung dari intensitas cahaya, panjang gelombang cahaya, dan lama penyinaran.
  4. Klorofil, klorofil atau zat hijau daun berfungsi sebagai katalisator dalam proses fotosintesis. Dengan demikian bisa dikatakan klorofil merupakan faktor penentu lambat atau cepatnya fotosintesis mengalir pada tumbuhan.
  5. Unsur Hara, Unsur hara terdiri dari mineral atau bahan organik yang diserap oleh akar dari dalam tanah. Unsur hara berfungsi sebagai metabolisme dalam tumbuhan.
  6. Suhu, suhu adalah faktor penentu cepat atau lambatnya proses fotosintes terbentuk. Jika suhu terlalu panas maka laju dari transpirasi atau penguapan akan menjadi lambat. Jika suhu terlalu dingin maka air akan jadi beku sehingga unsur hara tidak dapat mencapai daun untuk menciptakan proses Fotosintesis.

Pembahasan

Fotosintesis adalah sebuah zat makanan bagi tumbuhan yang terbentuk dengan proses  biokimia melalui bantuan cahaya matahari. Seperti halnya manusia dan hewan membutuhkan makanan untuk berkembang, tumbuhan juga memerlukan fotosintesis untuk berkembang.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang Reaksi Kimia Fotosintesis brainly.co.id/tugas/38619701

2. Materi tentang Manfaat Fotosintesis brainly.co.id/tugas/9079825

3. Materi tentang Fungsi Transpirasi bagi Tumbuhan brainly.co.id/tugas/145269

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 8

Mapel: IPA

Bab: 6 – Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Kode: 8.4.6

#TingkatkanPrestasimu