Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? jelaskan menggunakan contoh ​

Posted on

Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? jelaskan menggunakan contoh ​

Jawaban:

Iya, terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya. Hal ini terjadi karena hewan-hewan beradaptasi dengan kondisi alam di habitatnya agar dapat bertahan hidup.

contoh:Macan tutul memiliki bulu tutul untuk dapat berburu di antara dahan pepohonan

Harimau memiliki bulu belang untuk dapat berburu di antara semak dan rumput

Beruang kutub memiliki bulu putih polos untuk dapat berburu di antara salju dan bongkahan es Samudera Arktik

Penjelasan:Pembahasan:


Adaptasi adalah proses yang dilakukan dan sifat yang dimiliki makhluk hidup agar bisa bertahan hidup di habitat tempat tinggalnya. Adaptasi merupakan mekanisme agar makhluk hidup bisa mendapatkan makan dan berkembang biak.


Contoh ciri khas hewan sebagai akibat adaptasi dapat dilihat pada perbedaan warna bulu hewan pemangsa yang berbeda-beda sesuai habitatnya.


Macan tutul (Panthera pardus) memiliki ciri khas berupa bulunya yang berpola tutul atau dihiasi pola bulat. Pola tutul ini digunakan macan tutul untuk menyamarkan diri, sehingga dapat menyerang mangsanya, dan sesuai dengan habitat macan tutul di hutan yang lebat dan dahan pohon besar.


Harimau (Panthera tigris) memiliki bulu yang berpola garis-garis. Pola garis ini memudahkan harimau untuk mengendap di semak-semak di dasar hutan, dan menyergap mangsanya.


Beruang kutub (Ursus arctus) memiliki bulu putih polos dan tidak berpola. Warna putih ini sesuai dengan tempat berburu beruang kutub yaitu di daerah bersalju dan bongkahan es di Samudera Arktik.


Pelajari lebih lanjut cara macan tutul beradaptasi di: brainly.co.id/tugas/17818812


Pelajari lebih lanjut mengapa ketinggian tempat menyebabkan perbedaan]

brainly.co.id/tugas/31384458