1. jelaskan teori penyebaran manusia bedasarkan teori out of africa!

Posted on

2. mengapa historiografi tradisional isinya sangat subjektif, terutama yg berkaitan dengan Raja?

1. jelaskan teori penyebaran manusia bedasarkan teori out of africa!

1
Teori Out of Africa diperkenalkan oleh James Watson beserta rekannya. berdasarkan teori ini, manusia hanya hidup di satu kawasan saja, yaitu di Afrika kurang lebih mulai dari tahun 200.000  SM. karena manusia pada zaman tersebut memiliki gaya hidup nomaden, maka mereka mulai pergi ke berbagai daerah demi mencari makanan.

sejak tahun 200.000 SM hingga 60.000 SM, manusia sudah menyebar ke seluruh daerah di Afrika. pada tahun 60.000 SM, manusia mulai menyebar ke Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga mencapai Australia. Seiring dengan berjalannya waktu, manusia telah berpindah hingga mencapai Amerika Selatan.

Teori ini diperkuat dengan adanya “pabrik cat” yang berumur 100.000 tahun yang ditemukan di Gua Blombos, dekat Cap Town, Afrika Selatan. penemuan ini melahirkan dugaan bahwa manusia pada saat itu sudah mengenal bahasa untuk berkomunikasi.

Tetapi, teori Out of Africa dipatahkan oleh adanya keberadaan Meganthropus Paleojavanicus yang ditemukan oleh G.H.R. Von Koenigswald di Desa Sangiran, dekat Surakarta, Jawa Tengah. diperkirakan umur fosil ini berusia 2.000.000 tahun, karena itu usianya lebih tua dari manusia afrika.

2
karena kisah kisah nya telah diprasastikan

penulisan sejarah yang dimulai dari zaman Hindu sampai masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Penulisan sejarah pada zaman ini berpusat pada masalah-masalah pemerintahan dari raja-raja yang berkuasa, bersifat istanasentris, yang mengutamakan keinginan dan kepentingan raja. Penulisan sejarah di zaman Hindu-Buddha pada umumnya ditulis diprasastikan dengan tujuan agar generasi penerus dapat mengetahui peristiwa di zaman kerajaan pada masa dulu, di mana seorang raja memerintah.