Sebutkan dua cara menggiring bola dalam bola basket

Posted on

Sebutkan dua cara menggiring bola dalam bola basket

Jawaban Terkonfirmasi

Dua cara menggiring bola dalam bola basket adalah low or control dribble dan high or speed dribble.

Pembahasan

Dalam permainan bola basket, gerakan menggiring bola biasa disebut dengan dribble. Dribble merupakan salah satu teknik dasar yang terdapat pada permainan bola basket yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik dribble digunakan untuk membawa bola ke segala arah, melindungi bola, dan menerobos ke area pertahnan lawan. Dalam permainan bola basket, teknik dribble terdiri dari beberapa macam, yakni

1. Low or control dribble.

Low or control dirbble adalah gerakan menggiring bola dengan cara memantulkan bola rendah. Dribble jenis ini dilakukan ketika pemain dikawal ketat oleh lawan. Dribble ini berfungsi untuk mengontrol bola dan melindungi bola.

2. High or speed dribble.

High or speed dribble adalah gerakan menggiring bola yang dilakukan ketika pemain bebas dari penjagaan lawan. Dribble ini dilakukan untuk membawa bola dengan cepat ke area pertahan lawan.

3. Change of pace dribble.

Change of pace dribble adalah gerakan menggiring bola yang biasa dilakukan oleh pemain bola basket. Dribble ini bermanfaat untuk mengelabui pemain lawan.

4. Between the leg dribble.

Between the leg dribble adalah gerakan menggiring bola yang dilakukan dengan memindahkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan melewati sela-sela kaki. Dribble ini dilakukan untuk mengganti arah dribble.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang teknik dasar dalam permainan bola basket brainly.co.id/tugas/6949896

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 9 SMP

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 12 – Permainan Bola Basket

Kode: 9.22.12

Kata Kunci: teknik dribble, permainan bola basket.

Mengiring bola di tempat, menggiring bola sambil berjalan/berlari.