Negara indonesi dibagi menjadi tiga yaitu​

Posted on

Negara indonesi dibagi menjadi tiga yaitu​

Indonesia Barat
Indonesia Tengah
Indonesia Timur.

1. Waktu Indonesia Barat (WIB)

Wilayah waktu ini terletak pada 105∞ BT. Selisih waktu 7 jam lebih awal daripada waktu Greenwich (GMT). Wilayah WIB meliputi:

seluruh Provinsi Sumatra

seluruh Provinsi Jawa

Kalimantan Barat

Kalimantan Tengah

Madura

dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

2. Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Wilayah waktu ini terletak pada 120∞ BT. Selisih waktu 8 jam lebih awal dari pada waktu Greenwich (GMT). Wilayahnya meliputi seluruh Provinsi Sulawesi, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, dan NTT.

3. Waktu Indonesia Timur (WIT)

Wilayah waktu ini terletak pada 135∞ BT. Selisih waktu 9 jam lebih awal dari pada waktu Greenwich (GMT). Wilayahnya meliputi Maluku dan Papua serta pulau-pulau kecil disekitarnya.

Perhitungan waktu menurut standar internasional yang berlaku adalah GMT (Greenwich Meridian Times) yang berada pada garis bujur 0∞. Oleh karena itu, wilayah Indonesia yang terletak di sebelah timur Greenwich, waktunya lebih cepat daripada GMT.

Apabila kita mengamati acara televisi pada saat pergantian tahun baru, akan tampak sekali adanya perbedaan waktu di wilayah Indonesia.

Jadi, jika di Kota Medan (WIB) menunjukkan pukul 08.00, maka di Kota Denpasar (WITA) adalah pukul 09.00 (08.00 + 1 jam) dan di Kota Ambon (WIT) pukul 10.00 (08.00 + 2 jam).

Sebaliknya, jika di Kota Jayapura Papua (WIT) pukul 10.00, maka di Kota Kupang NTT (WITA) adalah pukul 09.00 (10.00 – 1 jam) dan di Kota Padang (WIB) adalah pukul 08.00 (10.00 – 2 jam).

Dengan demikian, jika kita bepergian ke daerah yang berbeda wilayah pembagian waktunya, tentu kita harus menyesuaikannya. Caranya dengan memutar jam yang kita pakai menjadi mundur atau maju 1 jam.