1. Pada Kongres Pemuda II selain menetapkan Sumpah Pemuda juga menetapkan ….

Posted on

a. Soekarno sebagai calon presiden Indonesia
b. Bahasa melayu sebagai Bahasa persatuan
c. Bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia
d. Mohammad Yamin sebagai ketua pemuda Indonesia

2. Sejumlah pemuda menggagas untuk melaksanakan kongres pemuda I. Tujuannya adalah menyebarkan dan memperkuat cita-cita kebangsaan Indonesia bersatu. Salah satu cita-cita untuk mewujudkannya adalah ….
a. memajukan ekonomi anggotanya agar sejahtera
b. menyebarkan semangat Indonesia merdeka
c. memetingkan gerakan sosial ekonomi
d. memajukan kepanduan kebangsaan Indonesia

1. Pada Kongres Pemuda II selain menetapkan Sumpah Pemuda juga menetapkan ….

Jawaban Terkonfirmasi
  1. Selain menetapkan Sumpah Pemuda, dalam Kongres Pemuda II ditetapkan pula C. Bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia.
  2. Sejumlah pemuda menggagas untuk melaksanakan kongres pemuda I. Tujuannya adalah menyebarkan dan memperkuat cita-cita kebangsaan Indonesia bersatu. Salah satu cita-cita untuk mewujudkannya adalah B. Menyebarkan semangat Indonesia merdeka.

Pembahasan

Sumpah Pemuda merupakan tonggak penting dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dipandang sebagai kristalisasi  semangat yang menegaskan kembali cita-cita era berdirinya negara Indonesia. Makna Sumpah Pemuda ditetapkan dengan Konferensi Pemuda Kedua yang diadakan selama dua hari di Batavia  (sekarang Jakarta ) pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928. Keputusan ini mengukuhkan kampung halaman Indonesia, bangsa Indonesia, dan cita-cita Indonesia. Dekrit tersebut juga  menjadi dasar bagi setiap perhimpunan nasional Indonesia, harus diterbitkan di berbagai surat kabar dan dibacakan sebelum rapat serikat pekerja. Istilah sumpah anak sendiri tidak muncul dalam keputusan parlemen, tetapi kemudian diperkenalkan. Tempat pengambilan sumpah pemuda setelah Musyawarah Pemuda ke-2. Tetapi sebelum pemuda ini, saya pastilah penggerak di balik sumpah pemuda setelah Konferensi Pemuda Kedua.

Kongres Pemuda I diadakan di Lapangan Banten, Jakarta, dari tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926. Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai topik, seperti susunan badan pusat, gagasan persatuan, peran perempuan, peran agama, dan peran bahasa dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Kongres Pemuda II diadakan di Jakarta pada bulan Oktober 1928 di bawah bimbingan Soegondo Djojopoespito dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPPI). Konferensi dibagi menjadi tiga sesi, dan sesi kedua Konferensi Pemuda ke-2 membahas masalah pendidikan.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 8

Mapel : PPKn

Bab : Peristiwa Sumpah Pemuda

Kode : –

#AyoBelajar #SPJ2