Hasil penelitian sosial konflik dapat berperan sebagai acuan penyusunan program yang membangun perdamaian berdasarkan karakteristik masyarakat.menurut pendapat anda,mengapa karakteristik masyarakat perlu diperhatikan dalam program penyelesaian konflik?

Posted on

Hasil penelitian sosial konflik dapat berperan sebagai acuan penyusunan program yang membangun perdamaian berdasarkan karakteristik masyarakat.menurut pendapat anda,mengapa karakteristik masyarakat perlu diperhatikan dalam program penyelesaian konflik?

Jawaban Terkonfirmasi

Karakteristik pada diri masyarakat perlu diperhatikan di dalam program penyelesaian konflik, karena dalam penyelesaian konflik masyarakat merupakan pelaku dari konflik tersebut. Dengan memperbaiki sikapnya maka karakteristik mayarakat akan menjadi baik dan dapat memudahkan program penyelesaian konflik.

Pembahasan

Pertentangan atau konflik sosial merupakan suatu proses sosial yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok manusia yang berusaha untuk mencapai tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan dengan mengutamakan ancaman atau kekerasan.

Faktor yang menjadi penyebab terjadinya pertentangan atau konflik, sebagai berikut:

– Perbedaan setiap individu

– Faktor kebudayaan

– Faktor kepentingan

– Interaksi sosial

– Perubahan sosial

Jenis-jenis suatu konflik atau pertentangan yang ada di dalam lingkungan masyarakat, sebagai berikut:

– Konflik individu merupakan suatu jenis konflik yang terjadi antara individu dengan individu atau dengan kelompok masyarakat.

– Konflik rasial merupakansuatu jenis konflik yang terjadi antara dua ras atau suku bangsa atau lebih yang berbeda.  

– Konflik agama merupakan suatu jenis konflik yang terjadi antara kelompok-kelompok yang memiliki kepercayaan, agama dan keyakinan berbeda.

– Konflik politik suatu merupakan jenis konflik yang terjadi karena adanya beberapa perbedaan pandangan atau pilihan pada kehidupan politik setiap masyarakat.

– Konflik sosial yaitu suatu jenis dari konflik sosial yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat.  

– Konflik internasional merupakan suatu jenis konflik yang terjadi di negara lain di dunia, baik itu negara berkembang maupun negara maju.

Dampak dari pertentangan atau konflik di dalam lingkungan masyarakat, sebagai berikut:

Dampak negatif, yaitu:

– Menimbulkan kerusakan integrasi sosial masyarakat.

– Menimbulkan trauma secara psikologis dan sosial.

– Menumbuhkan rasa dendam dan rasa tidak suka pada setiap diri individu atau pihak tertentu yang mengakibatkan kehidupan masyarakat menjadi tak harmonis lagi.

– Terjadi kerugian atau kerusakan dari harta benda yang dimiliki seseorang atau individu di dalam kehidupan masyarakat.

Dampak positif, yaitu:

Konflik dapat menghasilkan sebuah kesepakatan yang menguntungkan pada semua pihak, maka dari itu integrasi masyarakat menjadi lebih kuat namun caranya kurang tepat.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang contoh dari konflik dan penyebab terjadinya brainly.co.id/tugas/20992260

materi tentang indikasi untuk menilai suatu intensitas dari konflik sosial brainly.co.id/tugas/21877810

materi tentang interaksi sosial brainly.co.id/tugas/3539730

—————————————————————–

Detail jawaban

Kelas: 11 – SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Konflik Sosial

Kode:

Kata kunci: Konflik sosial, pertentangan, jenis-jenis dari konflik sosial, faktor penyebab adanya konflik sosial, dampak dari konflik sosial.

AJ.