36. Jelaskan 3 keuntungan dari letak geografis Indonesia!

Posted on

37. Jelaskan 3 manfaat hutan!
38. Sebutkan 3 akibat pertumbuhan penduduk yang cepat!​

36. Jelaskan 3 keuntungan dari letak geografis Indonesia!

36.a)banyaknya perdagangan lintas benua

b) beragamnya budaya yang masuk dan berkembang di indonesia.

c)potensi pariwisata dari keragaman budaya Indonesia.

37.sebagai tempat hidup makhluk hidup (habitat) bagi hewan maupun tumbuhan,sebagai paru paru dunia

38.a) perubahan penggunaan lahan.

b)berkembangnya pusat pusat pertumbuhan

c)berubahnya komposisi penduduk

semoga membantu

jadikan jawaban terbaik

Jawaban:

36.

Dalam bidang ekonomi =menambah devisa negara, dapat dijadikan sebagai pusat perekonomian diantara 2 samudra dan 2 benua, dapat dijadikan sebagai jalur perdagangan dunia, dapat mengembangkan pariwisata lebih lanjut dalam kaca dunia dan menjadikan beberapa tempat di wilayah Indonesia sebagai destinasi pariwisata utama.

Dalam bidang komunikasi =dengan adanya keanekaragaman bahasa yang unik dan khas seperti bahasa jawa, sunda, dan batak, selain itu warga negaranya sebagian besar harus belajar bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

Dalam bidang transportasi =dapat membuat infrastruktur untuk meningkatkan transportasi tujuan wisata, meningkatkan transportasi laut dan keamanan laut secara maksimal, meningkatkan akomodasi angkutan umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam bidang sosial budaya =adanya keanekaragaman pakaian, baik itu dari adat setempat atau ciri khas seperti batik, Indonesia merupakan negara dengan akulturasi budaya asing dan lokal yang berkembang dengan baik sehingga dengan adanya akulturasi tersebut menjadikan negara ini memiliki keanekaragaman dalam budaya asing dan lokal.

37.

1)menyimpan air hujan dan kemudian mengalirkannya ke sungai – sungai dan danau, sehingga pada musim kemarau tidak mengalami kekeringan.

2)tempat hidup bagi flora dan fauna yang menjadi sumber makanan dan obat obatan pada saat ini maupun masa yang akan datang.

3)mencegah terjadinya erosi atau pengikisan karena air hujan tidak langsung jatuh ke tanah dan mengikis tanah-tanah yang subur

4)menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida, sehingga suhu bumi terkendali.

5)sumber kehidupan bagi masyarakat, khususnya masyarakat sekitar hutan dari produk yang dihasilkan.

38.

1)permukiman semakin padat.

2)lapangan kerja semakin sempit

3)terdapat banyak pengaguran.

Penjelasan:

Semoga membantu dan maaf kalau salah