Sebutkan tujuan tujuan bangsa Eropa datang ke nusantara yang mengarah kepada kolonalisme​

Posted on

Sebutkan tujuan tujuan bangsa Eropa datang ke nusantara yang mengarah kepada kolonalisme​

Penjelasan:

Jawaban: Tujuan bangsa eropa kenusantara adalah rempahrempahnya.

Alasannya: Dulu Nusantara dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah, Rempah-rempah dicari bangsa Eropa karena manfaatnya sebagai penghangat dan bisa dijadikan pengawet makanan, Selain karena harganya yang mahal, memiliki rempah-rempah juga menjadi simbol kejayaan seorang raja pada saat itu banyak Bangsa Eropa yang berusaha untuk menemukan daerah penghasil rempah-rempah dari nusantara.

Semoga membantu (・ω・)つ\(^-^ )

Tinggalkan jejak ♥️&,

By: @AgathanKun.

Jawaban:

  1. Menguasai perdagangan rempah-rempah langsung dari sumbernya. Caranya dengan menerapkan monopoli perdagangan. Dengan monopoli, bangsa Eropa bertindak sebagai satu-satunya pembeli dengan harga yang mereka tentukan. Tindakan itu sudah tentu merugikan para petani rempah-rempah.
  2. Menguasai wilayah strategis baik untuk perdagangan maupun basis militer. Dengan kekuatan armada dan strategi pecah belah, bangsa Eropa memaksa penguasa setempat untuk menandatangani perjanjian yang mengesahkan penguasaan atas suatu wilayah strategis.
  3. Mengeruk sebanyak mungkin kekayaan sumber daya suatu wilayah. Caranya dengan memaksa penguasa setempat menandatangani suatu perjanjian.

Semoga Membantu