Apa yang dimaksud dengan multipatride? berikan dua contoh kasus multipatride yang kamu ketahui?

Posted on

Apa yang dimaksud dengan multipatride? berikan dua contoh kasus multipatride yang kamu ketahui?

pengertian

Multipatride yaitu sebutan bagi seseorang yang memiliki kewarganegaraan lebih dari 2 negara.

contoh kasus multipatride yaitu

Contohnya : Ayah dari Eli berasal dari Indonesia, dan Ibu dari Eli berasal dari Malaysia, kedua negara ini sama – sama menganut asas ius sanguinis, namun Eli dilahirkan di Negara Paraguay yang menganut asas ius soli, maka dari kasus ini Eli memiliki 3 status kewarganegaraan yaitu Indonesia, Malaysia, dan Paraguay. ( Multipatride ).

Setelah dewasa Eli bekerja di Amerika Serikat dan sangat berjasa, karena jasanya, Eli ditawari menjadi warga Amerika Serikat dan ia menerimanya. Dengan kasus ini maka Eli memiliki 4 status kewarganegaraan ditambah Amerika Serikat ( Multipatride ).

maff hanya 1 contoh saja 

semoga membantu

Multipatride adalah seseorang yang memiliki 2 atau lebih kewarganegaraan Contoh : Seorang yang BIPATRIDE juga menerima pemberian status kewarganegaraan lain ketika dia telah dewasa, dimana saat menerima kewarganegaraan yang baru ia tidak melepaskan status kewarganegaraan yang lama.

dua contoh kasus multipatride
1. Seorang pria Jerman menikah dengan wanita Polandia lalu mereka tinggal di Inggris kemudian melahirkan anak disana. Jadi Inggris yang menganut asas ius soli membuat anak tersebut memiliki 3 kewarganegaraan.
2. Seorang yang BIPATRIDE juga menerima pemberian status kewarganegaraan lain ketika dia telah dewasa, dimana saat menerima kewarganegaraan yang baru ia tidak melepaskan status bipatride-nya