Seorang dokter menjadi relawan untuk menangani wabah virus corona di daerah yang lockdown.Ilustrasi diatas menunjukkan nilai … . *

Posted on

undefined

Seorang dokter menjadi relawan untuk menangani wabah virus corona di daerah yang lockdown.Ilustrasi diatas menunjukkan nilai … . *

Jawaban Terkonfirmasi

Nilai yang terkandung dalam illustrasi seorang dokter yang menjadi relawan dengan menangani wabah virus corona di daerah yang lockdown adalah nilai kemanusiaan.

Pembahasan

Illustrasi dokter di atas merupakan salah contoh dari nilai kemanusiaan karena perilaku dan tindakan dokter mencerminkan sikap kemanusiaan yaitu sikap saling tolong menolong terhadap manusia dan sesama.

  • Nilai toleransi, ialah nilai yang mencerminkan sikap tenggang rasa dengan menghargai dan menghormati satu sama lain. Nilai ini sangat diperlukan dalam menghadapi keberagaman dan perbedaan yang terjadi di antara masyarakat Indonesia.
  • Nilai persatuan, ialah nilai yang mencerminkan sikap rasa persatuan serta mengakui bahwa setiap masyarakat Indonesia terdiri dari ras, suku, bahasa, budaya, maupun agama yang berbeda namun tetap satu dan memiliki kedudukan yang sama dalam mempertahankan negara Indonesia.
  • Nilai kemanusiaan, ialah nilai yang mencerminkan sikap, pikiran, sifat dalam menegakkan penghormatan terhadap hak hak asasi manusia beserta kemuliaannya untuk membantu menghargai hak hak tersebut.
  • Nilai musyawarah mufakat, ialah nilai yang mencerminkan sikap demokrasi dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Dengan kata lain, suatu permasalahan atau pengambilan keputusan dilakukan dengan berunding dan berdiskusi bersama sama hingga menghasilkan kesepakatan yang dapat mempersatukan perbedaan pendapat.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang contoh penerapan nilai nilai toleransi brainly.co.id/tugas/28538033
  2. Materi tentang nilai nilai yang terkandung di dalam pancasila brainly.co.id/tugas/741821
  3. Materi tentang contoh nilai kemanusiaan brainly.co.id/tugas/583869

———————————————————-

Detail jawaban

Kelas: VIII
Mapel: PPKN
Bab: Pancasila Sbegai dasar Ideologi Negara
Kode: 8.9.1

#TingkatkanPrestasimu