Apa yang terjadi dengan balon-balon yang dilepaskan ke udara?

Posted on

Apa yang terjadi dengan balon-balon yang dilepaskan ke udara?

Jawab:

Kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi terhadap balon yang terbang naik ke langit lepas:

1. Bila sampai ke lapisan ketinggian atas yang massa jenis udaranya sama dengan massa total/ volume balon, maka balon akan mengambang seperti busa styrofoam di atas permukaan air, tidak akan naik lagi.

2. Di ketinggian sedemikian tekanan udara lebih rendah dari di permukaan tanah tempat balon dipompa, sehingga tekanan gas dalam balon akan menekan dinding dalam balon dan membuat balon membesar.

3. Bila bahan balon kurang rapat maka perenggangan balon akan memperbesar pori-pori dinding sehingga gas dari dalam balon bisa lolos kabur ke udara bebas. Akibatnya balon akan kempis dan kehilangan gaya angkatnya, lalu perlahan tapi pasti akan jatuh ke tanah di negeri antah berantah.

4. Bila bahan balon cukup rapat dan pori-porinya tetap tak terbuka maka balon hanya akan membesar sampai melampaui batas kekuatan balon. Selanjutnya, balon akan meledak dan pecah berkeping-keping.

5. Bila bahan balon cukup tebal dan kuat menahan tekanan gas dari dalam, maka para pilot pesawat terbang yang kebetulan lewat di dekatnya dapat melihat sang balon yang sedang termenung sendirian di tengah langit.

Penjelasan:

Bagiamana balon yang diisi dengan Hidrogen atau Helium bisa naik ke udara?

Bila massa total/ volume balon lebih kecil dari massa total/ volume medium di luar balon, maka balon akan terdorong ke atas.  

Jadi, balon yang diisi gas ringan seperti Hidrogen atau Helium, maka massa total/ volume balon akan lebih kecil dari udara di sekitarnya. Sehingga, balon akan tertolak naik ke atas.  

Source : https://qr.ae/pGJ43W

Semoga membantu