Apakah kota Depok beragam dari sisi Suku, agama, dan, budaya? mohon dijelaskan!

Posted on

Apakah kota Depok beragam dari sisi Suku, agama, dan, budaya? mohon dijelaskan!

Jawaban:

Iya, dalam interaksi sosial dan budaya antar kelompok yg berbeda suku, bangsa, dan agama menguat serta menjadikan Depok sebagai kota yang multikultural.Dan Depok terdapat upaya kelompok-kelompok yg berbeda tersebut untuk berbagi nilai terbaik mereka guna membentuk kebudayaan bersama.

Jawaban:

TENTU SAJA!

Penjelasan:

Masyarakat Indonesia mempunyai beragam budaya dengan karakteristik yang berlainan. Keragaman ini terlihat dari bentuk Pakaian adat, rumah, adat, tarian daerah, lagu daerah, alat musik, seni pertunjukkan, dan upacara adat.

Pembahasan

Indonesia adalah negara kepualauan tersebesar di seluruh dunia yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Luas keseluruhan wilayah Indonesia adalah 1,904,569 km2dan jumlah pulau yang ada di Indonesia mencapai 17.508 pulau. Dengan luasnya wilayah Indonesia, maka pantas saja jika negara Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Sejak zaman dahulu masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk yaitu masyarakat yang memiliki keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras dan bahasa. Hal ini pula yang tercermin dalam semboyan bangsa Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”, semboyan tersebut memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Berikut adalah penjelasan keragaman budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia :

1. Pakaian adat : Pakaian adat atau biasa disebut pakaian tradisional adalah pakaian khas yang dimiliki oleh setiap daerah yang ada di wilayah Indonesia. Pakaian tradisional setiap daerah memiliki bentuk yang berbeda-beda atau memiliki ciri khas tersendiri dari setiap daerah. Pakaian adat ini digunakan pada saat-saat tertentu saja misalkan seperti pada acara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia atau pada kegiatan sumpah pemuda.

2. Rumah adat : Rumah adat yang dimiliki setiap daerah juga memiliki bentuk atau ciri khas tersendiri, hal ini dipengaruhi oleh kondisi alam dari daerah tersebut. Perbedaan rumah adat dapat dilihat dari bentuk atapnya, bentuk atap rumah adat ada yang berbentuk limas, kerucut, dan lain sebagainya. Selain itu mayoritas rumah adat berbentuk rumah panggung, hal ini dikarenakan untuk melindungi diri dari serangan binatang buas. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rumah adat masih sangat bergantung terhadap kondisi atau keadaan alam lingkungan sekitar.

3. Alat musik : Alat musik ini biasanya digunakan dalam kegiatan upacara adat.

4. Seni pertunjukan : Disetiap daerah memiliki kesenian pertunjukkan yang menjadi identitas atau ciri khas daerah tersebut.

5. Upacara adat : Upacara adat adalah  kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat atau penduduk sekitar yang wajib dipertahankan, karena hal ini sudah menjadi identitas suatu bangsa.  

Pelajari lebih lanjut

1. Macam-macam budaya Indonesia brainly.co.id/tugas/1186358

2. Manfaat keragaman budaya Indonesia brainly.co.id/tugas/6087590

3. Cara atau upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia brainly.co.id/tugas/14543270