Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan tepat.

Posted on

1. Jelaskan pengertian sel!
2. Jelaskan urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke yang terbesar!
3. Sebutkan organ yang terdapat pada sistem pencernaan manusia!
4. Jelas kan pengertian sistem organ!
5. Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel? Jel
6. Lingkungan tetrdiri atas dua komponen utama
1. Jelaskan komponen abiotik
2. Jelaskan komponen biotik
7. Simbiosis merupakan bentuk hidup bersama antara dua individu yang berbeda jenis.
a. Jelaskan pengertian simbiosis parasitisme
b. Sebutkan contohnya
8. Apakah yang terjadi jika produsen dalam suatu dalam suatu ekosistem punah!
9. Jelaskan pengertian pencemaran lingkungan!
10. Apa faktor penyebab pencemaran air!​

Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan tepat.

Jawaban:

1. Sel merupakan unit struktural terkecil dari organisme hidup. Sel dikelilingi oleh selaput/membran sel yang di dalamnya terdapat cairan (protoplasma) atau matriks, dan bentuk-bentuk subselular, organel sel, yang juga dikelilingi membran.

2. Atom Molicule Macromolecule Organelle Cell Tissue Organ Organ System Organism

3. Mulut

Proses pencernaan manusia dimulai dari waktu makanan digigit, dikunyah, dan dihaluskan di dalam mulut. Makanan yang bercampur dengan air liur akan dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil oleh gigi sehingga menjadi lunak dan mudah ditelan.

Kerongkongan (esofagus)

Makanan dan minuman yang ditelan akan melewati kerongkongan (esofagus). Kerongkongan adalah saluran yang panjangnya sekitar 25 cm dan berfungsi untuk menyalurkan makanan dan minuman dari mulut ke dalam lambung.

Lambung

Setelah menerima makanan dan minuman, lambung akan mengeluarkan zat asam dan enzim untuk melanjutkan proses pencernaan. Selain memecah makanan, lambung juga akan membunuh mikroorganisme yang mungkin terdapat pada makanan atau minuman.

Pankreas

menghasilkan insulin, pankreas juga bertugas menghasilkan enzim pencernaan, seperti lipase, protease, dan amilase. Enzim tersebut akan dilepaskan oleh pankreas dan ikut bercampur dengan enzim pencernaan dari lambung.

menghasilkan insulin, pankreas juga bertugas menghasilkan enzim pencernaan, seperti lipase, protease, dan amilase. Enzim tersebut akan dilepaskan oleh pankreas dan ikut bercampur dengan enzim pencernaan dari lambung.Enzim lipase berfungsi untuk mencerna lemak menjadi asam lemak, protease untuk mencerna protein menjadi asam amino, sedangkan amilase untuk memecah karbohidrat menjadi glukosa.

Kandungan Empedu

Hati atau liver akan menghasilkan cairan empedu, kemudian menyimpannya di dalam kandung empedu. Cairan empedu terdiri dari kolesterol, garam empedu, bilirubin, air, serta mineral, seperti kalium dan natrium. Cairan ini berfungsi untuk mencerna lemak menjadi asam lemak.

Usus Halus

Makanan yang sudah menjadi pasta atau kimus (chyme) di dalam lambung akan didorong ke usus halus. Gerakan yang disebut peristaltik usus ini terjadi karena kontraksi dan relaksasi jaringan otot di dinding usus halus.

Makanan yang sudah menjadi pasta atau kimus (chyme) di dalam lambung akan didorong ke usus halus. Gerakan yang disebut peristaltik usus ini terjadi karena kontraksi dan relaksasi jaringan otot di dinding usus halus.Usus halus sendiri terdiri atas 3 bagian, yaitu duodenum (usus 12 jari), jejunum (usus kosong), dan ileum (bagian terakhir dari usus halus). Ketiga bagian usus halus ini memiliki tugas masing-masing dalam memproses makanan.

Usus Besar

Setelah diolah menjadi berbagai nutrisi yang terserap oleh tubuh, makanan yang sudah dicerna akan meninggalkan sisa atau limbah yang disebut tinja (feses). Usus besar akan mendorong limbah makanan tersebut ke dalam rektum, yaitu perhentian terakhir pada saluran pencernaan.

4. Sistem organ merupakan sekumpulan organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi-fungsi yang lebih kompleks. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, tetapi saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lain.

5. Mikroskop mempunyai alat optik yang digunakan untuk melihat objek yang berukuran sangat kecil, dengan menggunakan mikroskop kita dapat melihat sel yang berukuran sangat kecil (0,001-0,2)

6. Abiotik

Komponen abiotik adalah kondisi fisik dan kimia di sekitar organisme. Komponen ini memengaruhi kehidupan di bumi. Unsur abiotik yang memengaruhi kehidupan di muka bumi yakni air, tanah, udara, iklim, topografi, garam-garam mineral, atau kelembaban.

Biotik

Biotik merupakan komponen lingkungan hidup dari sekumpulan makhluk hidup atau organisme yang ada dilingkungan sekitar. Makhluk hidup tersebut dapat digolongkan berdasarkan jenis-jenis tertentu. Komponen-komponen biotik meliputi, manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan atau yang disebut makhluk hidup

7. Simbiosis parasitisme adalah ketergantungan yang terjadi ketika pihak yang satu mendapat keuntungan namun merugikan pihak lainnya. Biasanya, simbiosis parasitisme melibatkan organisme parasit seperti kutu, cacing, jamur, bakteri, benalu dan lain-lain.

8. Jika salah satu rantai makanan dalam suatu ekosistem punah atau hilang maka Yang terjadi jika salah satu dari rantai makanan mendadak punah atau hilang adalah keseimbangan ekosistem akan terganggu.

Contoh, bila ular di sawah punah maka populasi tikus akan meningkat.

9. Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan/ atau komponen lain ke dalam air atau udara.

10. Pencemaran Limbah Rumah Tangga. Limbah rumah tangga dihasilkan dari aktivitas perumahan seperti rumah, pasar, perkantoran, rumah makan, rumah sakit sekolah,Pencemaran Limbah Industri,Pencemaran Akibat Sampah.

Semoga bermanfaat

Jawaban:

1.merupakan bagian terkecil dari suatu kehidupan/organisme untuk saling membentuk dan memperbanyak diri untuk membuat kehidupan

2.urutan organisasi kehidupan dari sel, jaringan,organ,sistem organ dan organisme kemudian dari indivdu,populasi,komunitas,ekosistem,bioma,biosfer

3.organ pencernaan

.mulut

.kerongkongan

.lambung

.usus halus

.usus besar