Tolong bantu yah

Posted on

1.bagaimana ciri orang yang hidup sederhana berdasarkan surah al-furqan:67?

2.bagaimana ciri hidup sederhana?

3.bagaimana sikap kamu jika sederhana dalam berpakaian?

4.berikan contoh cara membiasakan hidup sederhana!​

Tolong bantu yah

Jawaban:

1. Tidak berlebihan, juga kikir (semisal memberikan banyak bantuan tetapi agar di kenal dan diingat kebaikannya bukan karena Allah Swt).

2. Tidak membeli sesuatu yg tidak terlalu di butuhkan (di beli hanya karena ke ingin bukan karena, kebutuhan).

3. Tidak memakai pakaian dan perhiasan yang begitu mewah dan mencolok agar di perhatikan oleh orang².

4. Menabung, memikirkan kegunaan barang/benda yang akan di beli apakah benda tersebut memiliki manfaat atau tidak. Memakan makanan seadanya juga tidak memilih² (tidak perlu mewah² juga banyak).

Penjelasan:

Di jelaskan di surah Al Furqon : 67 bahwa;

يَقْتُرُوْا وَكَانَ بَيْنَ ذٰلِكَ قَوَامًا

Dan (termasuk hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar.

>> Maaf jika ada salah kata dan kurang memuaskan untuk teman-teman sekalian.

Jawaban:

Jawaban no 1:tidak berlebihan dalam mengeluarkan atau menghabiskan harta yg dimiliki,tidak pelit dalam mengeluarkan harta yang dimiliki untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat. Jawaban no 2:selalu membelikan sesuatu karena kebutuhan bukan untuk nampak hebat, tidak suka pamer, selalu menyisihkan sebagian harta untuk di tabung,selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan baik itu dalam kondisi susah maupun dalam kondisi senang. Jawaban no 3:mensyukuri apa yang ada. Jawaban no 4:membiasakan berbagi, membiasakan menabung, mengajak anak berbelanja,menggunakan benda/alat secara bijaksana,memberikan pemahaman tentang fungsi uang, memberikan pemahaman tentang kepemilikan,jangan boros jika belanja