Mengapa unsur logam cenderung melepaskan elektron

Posted on

Mengapa unsur logam cenderung melepaskan elektron

Jawaban Terkonfirmasi

Unsur logam cenderung melepaskan elektron karena …. memiliki keelektronegativan yang kecil, sehingga lebih mudah melepaskan elektron (membentuk ion positif) daripada mengikat elektron (membentuk ion negatif)

Pembahasan:

Logam adalah unsur yang memiliki sifat khas yaitu mengkilat atau berkilau, keras, memiliki kepadatan tinggi, dapat diregangkan dan ditempa, memiliki titik leleh dan titik didih yang tinggi, serta merupakan konduktor panas dan listrik yang baik.  

Contoh unsur logam adalah besi (Fe), alumunium (Al), timah (Sn), nikel (Ni) dan emas (Fe).

Pada reaksi kimia, logam umumnya mudah melepaskan elektron, membentuk ion positif dan menjadi pemberi (donor) elektron pada ikatan kimia.

Hal ini disebabkan karena unsur logam memiliki keelektronegatifan rendah, sehingga lebih mudah melepaskan elektron dan membentuk ion positif

Sebaliknya unsur-unsur non logam (seperti oksigen) memiliki keelektronegatifan tinggi, sehingga memiliki kecenderungan lebih besar untuk menarik elektron, dan akan lebih mudah dalam membentuk ion negatif.  

Pelajari lebih lanjut unsur logam alkali yang mempunyai keelektronegatifan paling besar di: brainly.co.id/tugas/13535091

Pelajari lebih lanjut mengapa logam alkali dan alkali tanah sangat reaktif di: brainly.co.id/tugas/3699589

Pelajari lebih lanjut sifat periodik unsur di: brainly.co.id/tugas/10938714    

————————————————————————–

Detail Jawaban    

Kode:  10.7.3

Kelas: X    

Mata Pelajaran: Kimia        

Materi: Bab 3 – Sistem Periodik