Peralatan untuk budi daya ikan konsumsi​

Posted on

Peralatan untuk budi daya ikan konsumsi​

Jawaban Terkonfirmasi

Budi daya pembenihan ikan konsumsi adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan dengan cara menanam benih konsumsi. Peralatan untuk budi daya ikan konsumsi​ adalah penggaris, alat sortir, serokan, timbangan dan anco.

Pembahasan

Wirausaha Budidaya Ikan Konsumsi

Perikanan adalah kegiatan usaha dalam bidang bisnis perikanan mulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran dengan cara mengolah dan memanfaatkan sumber daya ikan dan lingkungannya. Sedangkan pembudidayaan ikan adalah kegiatan memelihara, membesarkan, membiakkan dan memanen hasil ikan. Jadi, dapat kita simpulkan budi daya pembenihan ikan konsumsi adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan dengan cara menanam benih konsumsi. Budi daya pembenihan ikan konsumsi juga diartikan sebagai usaha pemeliharaan dan pengembangbiakan ikan konsumsi yang dapat membawa keuntungan. Berikut ini adalah alat yang yang digunakan dalam budidaya pembesaran ikan konsumsi:

1.Penggaris

Penggaris dapat kita gunakan untuk mengukur panjang benih. Pengukuran panjang ikan, dilakukan dengan dua cara yaitu:

  • Pengukuran dari ujung ekor sampai kepala.
  • Pengukuran dari pangkal ekor sampai kepala.

2. Alat Sortir

Alat sortir dapat kita gunakan untuk menyeleksi benih Ikan sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Hal ini dilakukan agar setiap kolam memiliki ukuran benih ikan yang sama.

3. Serokan atau Seser

Serokan dapat kita gunakan untuk menangkap ikan ketika sedang dipanen. Ukuran dan mata jaring serokan terdapat bermacam-macam sehingga dapat menyesuaikan dengan besarnya ikan konsumsi.

4. Timbangan

Timbangan digunakan untuk menimbang berat benih ikan.

5. Anco

Anco dapat kita gunakan untuk untuk memantau pertumbuhan ikan yang kita budidayakan. Anco dimasukkan ke dalam kolam bersama dengan pakan ikan. Kemudian setelah banyak ikan menghampiri pakan, anco diangkat. Sehingga kita bisa mengetahui kondisi ikan yang dipelihara baik ukuran maupun kelulusan hidupnya.

Pelajari lebih lanjut

Detil Jawaban

Mapel : Prakarya dan Kewirausahaan

Bab : Budidaya Ikan Konsumsi

Kelas : XI

Kode : –

#AyoBelajar

#SPJ2