Rangkuman materi dari masa orde baru sampai masa reformasi

Posted on

Rangkuman materi dari masa orde baru sampai masa reformasi

Jawaban Terkonfirmasi

Salam sejahtera bagi kita semua semoga berada dalam lindungan Allah.

Rangkuman materi dari masa orde baru sampai masa reformasi

Orde baru

  Masa orde baru atau disingkat orba adalah masa presiden Soeharto menjabat, dari awal menjabat sampai akhir menjabar presiden selama 32 tahun. Masa orde baru dimana presiden Soeharto selalu menunjukkan keberhasilannya, menumpas PKI, berhasil memperbaiki penerapan Pancasila yang benar, memberantas buta huruf, dan menaikkan taraf ekonomi dengan drastis, semua kemajuannya patut diacungi jempol meskipun ada kebusukan didalamnya menggunakan kekuasaan presiden untuk kepentingan pribadi, bahkan kasus korupsi sehingga dijuluki bapak korupsi Indonesia hingga membuat tahta presiden jatuh.

Masa reformasi

  Masa setelah pak Soeharto jatuh, dimulai dari Pak B.J Habibie, dimasa ini Indonesia mengalami kenaikan ekonomi dengan baik, masa Pak SBY, Indonesia tetap berjaya dalam taraf ekonomi meskipun ada kebusukan dari keluarga korupsi diam diam selama pemerintahan dia, dan masa Pak JokowiDodo, masa dimana semua kebusukan koruptor mulai terkuak, berkali kali Indonesia mengalami naik turun, saat bencana, struktur negara, lembaga negara, kebudayaan baru, saya berdoa masa reformasi selalu berjaya.

Pembahasan :

  Jika dilihat sekilas sangat panjang, sebenarnya itu pendek. Masa orde baru adalah masa Pak Soeharto dari mulai menjabat sampai berakhir, 1966 – 1998. Sedangkan masa Reformasi, 1999 – sekarang. Kita berada dalam masa reformasi, dimana semua perkembangan globalisasi, budaya, sosial, IPTEK semua berjalan dengan cepat, dan sebagai negara berkembang mari bersama sama kita mengikuti perkembangan zaman dan menjadi millenials terkini.

  Masa reformasi adalah masa Indonesia menuju Indonesia maju, sehingga rakyat dituntut untuk kreatif dan meningkatkan kualitas, jika tidak, Indonesia tetap adalah negara berkembang saja. Perkembangan masa reformasi mulai terasa sangat kuat era 2015 – sekarang, semua teknologi serba ada, hebat, dan berkembang, dan Indonesia tetap kuat dan berjaya.

Pelajari lebih lanjut :

Tuliskan 2 contoh perilaku masyarakat yang meniru budaya kebarat-baratan ?

brainly.co.id/tugas/40288312

Perbedaan usaha pertanian di negara maju dan berkembang

brainly.co.id/tugas/7453816

Identifikasilah jenis kegiatan ekonomi pada gambar-gambar berikut Kamu dapat mencari informasi mengenai kegiatan ekonomi berikut di buku, koran, ataupun internet

brainly.co.id/tugas/22171656

Detail jawaban :

Mapel : PPKN

Kelas ; 9

Bab : 1 – Dinamika penerapan Pancasila

Kata kunci : Orde baru, reformasi, rangkuman orde baru, rangkuman reformasi, rangkuman orde baru dan reformasi

Kode soal : 9

Kode kategorisasi : 9.9.1

#AyoBelajar