keterkaitan Sriwijaya dengan kerajaan di Pulau Jawa tampak dari silsilah Raja Balaputradewa yang berasal dari Wangsa​

Posted on

keterkaitan Sriwijaya dengan kerajaan di Pulau Jawa tampak dari silsilah Raja Balaputradewa yang berasal dari Wangsa​

Jawaban Terkonfirmasi

Keterkaitan Sriwijaya dengan kerajaan di Pulau Jawa tampak dari silsilah Raja Balaputradewa yang berasal dari Wangsa … Sailendra

Pembahasan:

Balaputradewa adalah seorang raja yang memerintah di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 860an M. Balaputradewa adalah raja dari dinasti Sailendra, yang merupakan dinasti yang juga mempimpin kerajaan Mataram Kuno di Pulau Jawa.  

Menurut teori sejarawan De Casparis, Balaputradewa adalah cucu dari raja dinasti Sailendra yang bernama Samarratungga, yang berkuasa di Mataram. Sepeninggal Samaratungga terjadi perebutan takhta di Mataram antara kedua anaknya, yaitu Balaputradewa melawan Pramodawardhani. Pada tahun 856 Balaputradewa dikalahkan oleh Rakai Pikatan, suami Pramodawardhani, sehingga menyingkir ke pulau Sumatra dan memerintah kerajaan Sriwijaya.

Balaputradewa kemudian menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas. Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha.

Dukungan terhadap agama Buddha oleh Balaputradewa ini dicatat dalam Prasasti Nalanda. Dalam prasasti yang berada di Bihar, India ini, dicatat bahwa Raja Dewapala dari Benggala membangun biara dan pusat pembelajaran agama Buddha, dengan dukungan dana dari Balaputradewa.  

———————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut    

1. Peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya adalah bangunan suci berupa…  

brainly.co.id/tugas/3089363

2. Kekalahan Balaputradewa dari Rakai Pikatan, kemudian melarikan diri ke Sumatera dan menjadi raja di Sriwijaya diceritakan dalam prasasti…

brainly.co.id/tugas/18472153

Detail Jawaban      

Kode: –    

Kelas: VIII    

Mata pelajaran: IPS/Sejarah  

Materi: Masa Hindu-Buddha    

Kata kunci: Balaputradewa