Berdasarkan tabel tsb ,output kardiak adalah​

Posted on

Berdasarkan tabel tsb ,output kardiak adalah​

Berdasarkan tabel tsb ,output kardiak adalah​

Jawaban Terkonfirmasi

Berdasar tabel tersebut, output kardiaknya adalah 4200 ml/menit atau sama dengan 4,2 liter/denyut. Output kardiak disebut juga curah jantung yaitu volume darah per menit yang dipompa ventrikel kiri ke dalam sirkuit sistemik. Tiap periode tertentu, volume darah yang mengalir melalui sirkulasi pulmonalis ekuivalen dengan volume darah yang mengalir ke sirkulasi sistemik. Output kardiak bergatung oleh dua faktor yaitu denyut jantung (HR) dan volume darah per denyut (SV). Output kardiak merupakan hasil kali dari HR x SV.  

Pembahasan

Jantung adalah organ yang sagat penting dalam sistem peredaran darah. Berfungsiuntuk memompa darah ke seluruh tubuh.  Terletak di rongga dada sebelah kiri, di atas diafragma. Mempunyai 4 ruang terbagi sempurna dan terbungkus oleh selaput jantung yang disebut perikardia. Perikardia terdiri dari 2 lapis yaitu  lamina periestalis (sebelah luar) dan lamina viseralis (menempel di dinding jantung).

Ruangan jantung terdiri atas 2 serambi (atrium) kanan (dekster) dan kiri (sinister), dan 2 bilik (ventrikel) kanan (dekster) dan kiri (sinister). Antara serambi dan bilik , antara bilik dan nadi terdapat klep atau valvula, yang berfungsi untuk menjaga agar aliran darah tetap searah, terdiri dari :

  1. Klep valvula trikuspidalis : klep berdaun tiga, terdapat di antara serambi kanan dan bilik kanan. Berfungsi menjaga darah dalam ventrikel tidak kembali lagi ke atrium.  
  2. Katup valvula bikuspidalis : klepberdaun dua, terdapat di antara serambi kiri dan bilik kiri. Berfungsi menjaga darah dalam ventrikel tidak kembali lagi ke atrium.  
  3. Katup valvula seminularis : klep bentuk bulan sabit, terdapat pada pangkal nadi besar. Berfungsi mencegah darah yang menuju seluruh tubuh dan ke paru-paru tidak kembali ke jantung.  

Fungsi 4 ruangan jatung yaitu:

a. Serambi kanan/ atrium dekster

Sebagai tempat menampung darah kaya karbondioksida/darah kotor yang berasal dari sleuruh tubuh.

b. Serambi kiri/ atrium sinister

Sebagai tempat menampung darah bersih/ kaya oksige yag berasal dari paru-paru.  

c. Bilik kanan/ ventrikel dekster

Berfungsi sebagai tempat menampung darah kotor dari serambi kanan untuk dilajutkan ke paru-paru.

d. Bilik kiri/ ventrikel sinister

Berfungsi sebagai penampung darah bersih/kaya oksigen utuk dilanjutkan ke seluruh tubuh lewat pembuluh darah. Adapun dinding ventrikel kiri lebih tebal dari vetrikel kanan dan ruangan jantung yang lain. Hal ini karena ventrikel kiri memerlukan kekuatan lebih besaruntuk memompa darah ke seluruh tubuh.  

Mekanisme peredaran darah manusia

1. Peredaran darah besar

  • Perdaran darah ini dimulai dari bilik/ventrikel kiri – aorta – arteri – arteriola – kapiler – venula – vena – vena cava superior dan vena cava inferior – serambi/atrium kanan.
  • Secara ringkas : jantung – seluruh tubuh – jantung  
  • Peredaran darah ini dikenal sebagai peredaran darah laya oksigen.

2. Peredaran darah kecil

  • Peredaran darah ini dimulai dari bilik/ventrikel kanan – arteri pulmonalis – paru-paru – vena pulmonalis – serambi/atrium kiri.
  • Secara ringkas: jantung –  paru-paru – jantung
  • Peredara darah ini adalahperedaran darah kaya karbondioksida.

3. Sistem portae/ sistem vena porta

  • Darah sebelum masuk kembali ke jantung, terlebih dulu masuk ke dalam suatu organ.
  • Pada mamalia (termasuk manusia), sistem portae hanya satu yaitu portae hepatica (darah dari usus sebelum ke jantung masuk dulu ke hati).

Volume darah yang dipompa jantung oleh ventrikel/bilik kiri ke dalam sirkuit sisstemik disebut dengan cardica output. Cardiac output (CO) dipengaruhi dua faktor yaitu denyut jantung/denyut nadi dan volume darah per denyut.  

Volume darah per denyut adalah jumlah darah yang dipompa oleh vetrikel/bilik kiri setiap kali berkontraksi. Rata-rata volume per denyut pada manusia sekitar 75 ml/denyut.

Perhitungan soal diatas adalah sebagai berikut:

CO adalah hasil kali antara denyut jatung per menit atau disebut dengan heart rate (HR) dengan volume darah per denyut atau stroke volume (SV).

CO = HR x SV

= 60 denyut/menit x 70 ml/denyut  

       = 4200 ml/menit = 4,2 liter/denyut

Pelajari lebih lanjut

1. peredaran darah hewan: brainly.co.id/tugas/21139622

2. pembuluh darah kaya oksigen: brainly.co.id/tugas/19318053

3. pengagkutan karbondioksida: brainly.co.id/tugas/21442105

Detil Jawaban

Kelas: 2 SMP

Mapel: Biologi

Bab: Sistem sirkulasi manusia

Kode:

Kata kunci: perhitungan output kardiak