Mengapa ekonomi internasional penting bagi mahasiswa ekonomi?

Posted on

Mengapa ekonomi internasional penting bagi mahasiswa ekonomi?

Jawaban Terkonfirmasi

Ekonomi internasional penting bagi mahasiswa ekonomi karena dengan memahami ekonomi internasional maka mahasiswa akan lebih memahami tentang perekonomian suatu negara, peluang memasuki industri perdagangan ekspor-impor serta terbukanya lapangan pekerjaan serta peluang bisnis di dunia internasional.

Pembahasan

Ekonomi internasional adalah kegiatan ekonomi yang melibatkan masyarakat luar negeri dalam kegiatannya, dalam perekonomian internasional kita akan mempelajari bagaimana cara perdagangan antar negara berlangsung, bagaimana cara pengiriman barang ke luar negeri serta bagaimana cara pembayaran internasional serta efek ekspor dan impor bagi perekonomian suatu negara.

Terdapat banyak peluang bisnis jika kita memahami mekanisme perdagangan internasional, karena barang impor biasanya lebih murah dari pada barang lokal, ditambah lagi kualitasnya juga cukup bersaing, akan tetapi untuk dapat memasuki dunia bisnis internasional tentu kita harus mempelajari terlebih dahulu mekanisme perdagangan internasional serta tantangan dan hambatan dalam perdagangan internasional.

lainnya atau nilai dari suatu mata uang terhadap nilai mata uang lainnya. kenaikkan nilai tukar mata uang dalam negeri disebut apresiasi atas mata uang asing,penurunan nilai tukar dalam negeri atas uang asing disebut depresiasi atas mata uang asing.

Dasar tukar atau term of trade adalah perbandingan kuantitatif atau nilai antara ekspor dan impor yang mencerminkan posisi perdagangan suatu negara untuk periode waktu tertentu.

  • Net barter term of trade adalah perbandingan antara indeks harga ekspor dengan indeks harga impor.
  • Gross barter term of trade adalah perbandingan antara indeks kuantitas ekspor dengan indeks kuantitas impor.
  • Income term of trade adalah kemampuan suatu negara untuk mengimpor barang-barang dari hasil ekspor.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang keunggulan komparatif brainly.co.id/tugas/17392873

2. Materi tentang perdagangan Internasional brainly.co.id/tugas/1525915

3. Materi tentang keunggulan mutlak brainly.co.id/tugas/10789154

—————————————–

Detil Jawaban

Kelas : IX (3 SMP)

Mapel : IPS

Bab : Perdagangan Internasional

Kode : 9.10.7

Kata Kunci : Perdagangan Internasional, Ekonomi Internasional.