Jelaskan masing masing 3 keuntungan dan kerugian dari pupuk organik dan pupuk anorganik

Posted on

Jelaskan masing masing 3 keuntungan dan kerugian dari pupuk organik dan pupuk anorganik

Pupuk Organik
– Kelebihan:
· Pupuk organik mengandung unsur hara yang lengkap, baik unsur hara makro maupun unsur hara mikro. Kondisi ini tidak dimiliki oleh pupuk anorganik.
· Pupuk organik mengandung asam – asam organik, antara lain asam humic, asam fulfic, hormon dan enzym yang tidak terdapat dalam pupuk anorganik yang sangat berguna baik bagi tanaman maupun lingkungan dan mikroorganisme.
· Pupuk organik mengandung makro dan mikro organisme tanah yang mempunyai pengaruh yang sangat baik terhadap perbaikan sifat fisik tanah dan terutama sifat biologis tanah.
· Memperbaiki dan menjaga struktur tanah.
· Menjadi penyangga pH tanah.
· Membantu menjaga kelembaban tanah
· Aman dipakai dalam jumlah besar dan berlebih sekalipun
· Tidak merusak lingkungan.

– Kekurangan pupuk Organik
· Kandungan unsur hara relatif lebih kecil
· Dalam jangka pendek, reaksi atau respon tanaman terhadap pemberian pupuk organik tidak secepat pemberian pupuk anorganik.

Pupuk Anorganik

– Kelebihan Pupuk Anorganik
· Respon cepat terlihat pada tanaman (unsur yang terkandung cepat terurai
sehingga lebih cepat terserap oleh tumbuhan)
· Kadar unsur hara tinggi
· Kandungan hara jelas, pemakaian bisa tepat.

– Kekurangan Pupuk Anorganik
· Karena bentuk unsur yang anorganik menyebabkan mikroba tanah sulit mengurai, sehingga akan menumpuk menjadi residu yang dapat menyebabkan mikroba penting yang berfungsi untuk menghasilkan bahan organik di dalam tanah mati dan akan mengurangi kesuburan tanah.
· Penggunaan pupuk anorganikyang terus menerus akan menyebabkan tanah menjadi padat/mengeras (porositas tanah menurun) dan tidak responsif terhadap pupuk kimia an-organik, sehingga berapapun banyaknya tanah diberi pupuk kimia an-organik hasilnya tetap tidak optimal. juga akan mengakibatkan, sehingga ketersediaan oksigen bagi tanaman maupun mikrobia tanah menjadi sangat berkurang.
· Mengerasnya tanah pertanian juga berdampak terhadap pertumbuhan tanaman, yaitu terbatasnya penyebaran akar dan terhambatnya suplai oksigen ke akar mengakibatkan fungsi akar tidak optimal, yang pada ahirnya menurunkan produktivitas tanaman.
· Residu zat kimia yang tertinggal dalam hasil produksi yang terkonsumsi oleh manusia akan menumpuk di dalam tubuh dan mengganggu kesehatan manusia.
· Dapat menurunkan pH tanah
· Bersifat higroskopis (kemampuan menyerap air diudara, sehingga pupuk dapat mencair)

Keuntungan dari pupuk organik:
1) memperbaiki struktur tanah begitu juga dengan karakteristik nya, sehingga tanah menjadi gembur,ringan,mudah diolah, dan mudah di tembus akar
2) tanah2 berat menjadi mudah diolah
3) kesuburan tanah meningkat
4) aktivitas mikroba tanah pun meningkat
5) kapasitas penyerapan air oleh tanah juga meningkat sehingga tanah menjadi mudah menyediakan kebutuhan air yang diperlukan tanaman
6) memperbaiki habitat hewan yang hidup ditanah dan ketersediaan makanan hewan2 tersebut jadi lebih terjamin
7) meningkatkan ketahanan terhadap perubahan sifat tanah yang terjadi secara tiba2
8) mengandung mikroba yang bertugas mengurai bahan2 organik
9) meningkatkan kapasitas pertukaran kation, sehingga jika tanaman diberi pupuk dosis tinggi , unsur hara tanaman tidak mudah tercuci
10) mempertahankan dan meningkatkan ketersediaan unsur hara di dalam tanah

kerugian dari pupuk organik:
1) jika pupuk organik(kompos) yg di berikan masih mentah maka bahan organik akan diserang oleh mikroba sehingga unsur hara tanaman menjadi berkurang karena dimakan oleh mikroba2 dari kompos mentah
2) bahan organik yg berasal dari limbah industri atau sampah kota sering kali mengandung mikroba patogen dan logam berat, yg tak hnya berpengaruh buruk bagi tanaman, akan tetapi manusia dan hewanpun akan kena imbasnya(dampak negatifnya)