Jelaskan aspek aspek kehidupan masyarakat melayu yang telah disesuaikan dengan agama islam

Posted on

Jelaskan aspek aspek kehidupan masyarakat melayu yang telah disesuaikan dengan agama islam

LATAR BELAKANG

Pengertian tamadun yang berasal dari kata Arab “maddana” yang berarti peradaban, dapat diartikan sebagai keadaan atau kondisi kehidupan bermasyarakat yang bertambah maju. Oleh karenanya, melalui Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara, berbagai fenomena yang terkait dengan kehidupan masyarakat Melayu, serta berbagai aspek yang menyertainya akan dipelajari, dikaji diteliti, dan dikembangkan oleh para peneliti baik yang berasal dari UI maupun dari luar UI. Berbagai hasil penelitian yang nantinya akan dihasilkan oleh Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara dapat memberikan sumbangan atau kontribusi yang signifikan bagi UI yang telah mencanangkan sebagai universitas riset yang bertaraf nasional maupun internasional.

Hal yang menarik adalah penelitian tentang Tamadun Melayu Nusantara dapat dilakukan dengan pendekatan yang bersifat multidisiplin atau interdisiplin. Untuk itulah diperlukan juga suatu dialog kritis melalui berbagai kerjasama dari berbagai pihak, baik institusi UI maupun institusi di luar UI, agar penelitian tentang Tamadun Melayu Nusantara dapat bermanfaat secara pragmatis bagi pendidikan, penelitian, dan masyarakat luas yang membutuhkan wawasan kajian Tamadun Melayu Nusantara dengan benar.

VISI, MISI, & TUJUAN

Visi :

Menjadi Pusat Riset Tamadun Melayu Nusantara Nusantara yang kokoh dan berpengaruh dalam riset dan pengabdian masyarakat.

Misi :

Pusat Riset Tamadun Melayu Nusantara Nusantara membangun ke-Melayu-an sebagai pusat riset yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.

Membangun dan mengembangkan peran Universitas Indonesia khususnya dalam Tamadun Melayu Nusantara.

Membangun kerja sama antar perguruan tinggi, lembaga pemerintahan dan non-pemerintah untuk mengembangkan peradaban, kerja sama, dan saling pengertian antarnegara berkebudayaan Melayu

Menyumbangkan kegiatan Tamadun Melayu Nusantara bagi peningkatan kehidupan kemanusiaan dalam konteks keindonesiaan, kemelayuan, dan antarbangsa.

TUJUAN

Tujuan Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara dalam bentuk sebagai berikut :

Menjadi pusat (center) tentang Kajian Tamadun Melayu Nusantara baik di tingkat nasional maupun internasional.

Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi seperti DIKTI, Kedutaaan negara sahabat (Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, dan sebagainya) melalui riset antarnegara, maupun antar peneliti.

Menghasilkan penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti yang berada di bawah naungan Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara.

Menghasilkan penelitian yang dilakukan melalui kerjasama peneliti UI dengan peneliti di luar UI.

Menghadirkan seminar yang bertaraf nasional dan internasional dengan beragam tema atau topik yang terkait dengan aspek arkeologi, antropologi, arsitektur, sejarah, media massa, kewilayahan, bahasa, dan sebagainya.

Jika memungkinkan menghasilkan artikel untuk di jurnal khusus tentang Tamadun Melayu Nusantara di samping jurnal yang telah ada di UI.