Usus besar merupakan tempat terbentuk nya​

Posted on

Usus besar merupakan tempat terbentuk nya​

Jawaban:

kotoran

Penjelasan:

semoga membantu:)

jadikan jawaban tercerdas

jangan lupa follow akun brainly ku

Jawaban:

Fungsi Usus Besar dan Anatominya

Fungsi usus besar yang paling penting adalah sebagai “pintu keluar” dari zat sisa proses pencernaan. Asupan makanan maupun minuman yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan diserap tubuh, sementara sisanya dibuang keluar, salah satunya melalui proses buang air besar (BAB). Nah, di sinilah usus besar berperan dalam membantu penyerapan nutrisi, pembentukan tinja, hingga proses pembuangan zat sisa.

Selain fungsi usus besar dalam pencernaan, penting juga untuk mengetahui anatomi atau bagian-bagian dari usus besar. Usus besar dibagi menjadi empat bagian utama. Nah, keempat bagian usus besar ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelasan seputar anatomi dan fungsi usus besar manusia!

  •    Sekum

Salah satu bagian usus besar adalah sekum. Bagian ini berbentuk seperti kantong yang menghubungkan bagian akhir usus kecil dengan usus besar. Fungsi usus besar pada bagian ini adalah membantu penyerapan kembali nutrisi dan sisa air dari chyme, yaitu sisa makanan berbentuk bubur cair dari usus kecil yang masuk ke dalam sekum.

  •    Kolon

Bagian terpanjang dari usus besar ini terdiri atas empat bagian, yaitu asenden (kanan rongga perut), transversum (melintang dari kanan ke kiri di bagian atas rongga perut), desenden (kiri rongga perut), dan sigmoid (bagian yang terhubung dengan rektum). Kolon memiliki fungsi untuk mencampur chyme dengan enzim pada saluran cerna. Campuran ini akan membentuk tinja yang nantinya akan dikeluarkan tubuh.

  •    Rektum

Rektum adalah bagian dari usus besar yang terhubung dengan kolon sigmoid. Fungsi usus besar pada bagian ini adalah menerima dan menyimpan limbah dari kolon. Penyimpanan terjadi selama menunggu waktu tubuh untuk mengeluarkan limbah tersebut melalui anus. Proses pengeluaran limbah dari tubuh terjadi ketika otak menerima rangsangan sehingga menghasilkan sinyal kapan limbah, termasuk gas atau tinja, harus dikeluarkan dari tubuh.

  •    Anus

Bagian paling akhir atau ujung dari usus besar adalah anus. Saat rektum sudah penuh terisi dan tinja siap dikeluarkan, di sinilah anus mengambil peran. Tinja atau kotoran akan dikeluarkan melalui anus dan ditandai dengan sensasi mulas serta dorongan untuk buang air besar. Dalam kondisi normal, proses pengolahan dan pencernaan makanan membutuhkan waktu sampai akhirnya menjadi tinja dan bisa dikeluarkan dari tubuh.

Penjelasan:

maaf kalo salah

salah? komen di kolom komentar

ini kah yang dimaksud?