Jelaskan proses pembuatan miniatur planet!

Posted on

Jelaskan proses pembuatan miniatur planet!

Alat dan bahan :
1. Kertas koran bekas, atau bisa menggunakan kertas apa saja yang penting kertas
2. Lem kayu, atau lem rajawali yang sering digunakan oleh tukang meubel untuk membuat furnitur
3. Air secukupnya
4. Balon
5. Cat air untuk mewarnai, lengkap dengan kuas dan wadah tempat meletakkancat sebelum dicampurkan
langkah kerja :
1. Siapkan kertas terlebih dahulu,
2. Robeklah kertas berbentuk memanjang,, menggunakan tangan secara manual, jangan menggunakan gunting. Tujuannya agar sobekan ketas tidak beraturan dan ada serabut bekas sobekan di setiap sobekan, ini yang memperkuat daya rekat kertas saat pengeleman.
3. Campurkan lem kayu (rajawali) dengan air secukupnya. Dengan perbandingan 1 : 2 atau 1 : 3. Misalnya lemnya 1 terus airnya 2 atau 3 gelas (jika anda menggunakan gelas sebagai alat takaran).
4. Tiuplan balon sesuai bentuk bola planet yang akan dibuat, jangan lupa diikat agar tidak mengempes saat pembuatan. Usahan balon diperiksa terlebih dahulu agar tidak bocor, jika balon dalam keadaan bocor sebaiknya jangan anda gunakan. Karena akan merusak dari minitaur yang akan anda buat nantinya.
5. Jika sudah siap semuanya. Celupkan permukaan kertas ke dalam campuran air dengan lem
.6. Kemudian, tempelkan di permukaan balon satu per satu hingga merata
.7. Susunlah denga teratur agar bola planet yang akan anda buat terlihat rapi dan menarik.
8. Dalam menempel kertas yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana menempel kertas agar setiap permukaan tertutupi secara merata.
9. Susun kertas secara menyilang, misalnya lapisan pertama disusun horizontal, untuk susunan yang kedua disusun sebaliknya, yaitu secara vertikal.Begitu selanjutnya. Tujuannya agar daya rekat kertas semakin bagus dan erat.
10. Tempel kertas hingga tertutup rata dan terasa lapisannya menebal, minimal5 lapisan atau lebih agar lebih kuat dan awet
.11. Jika semuanya sudah tertutupi, jemurlah di bawah sinar matahari hingga kering.
12. Kalau sudah kering, lanjutkan ke pengecatan dengan cat air.
13. Sebelum melakukan pengecatan, lukislah terlebih dahulu pola yang akan digambar, misalnya anda mau membuat bumi, buatlah pulau-pulau dan benua secara detail agar terlihat realistis. Gunakan pensil terlebih dahulu agar hasilnya bagus.
14. Langkah selanjutnya adalah, membuatkan media tempel jika dijadikan sebagai poster 3D, dan dipasang berdiri jika menggunakanstiroform.