Cara membuat Alat Teori Kinetik Gas Sederhana dan Beserta Cara Pembuatannya dan Bahan Bahan yang Digunakan untuk Membuat Alat Teori Kinetik Gas Sederhana?

Posted on

Cara membuat Alat Teori Kinetik Gas Sederhana dan Beserta Cara Pembuatannya dan Bahan Bahan yang Digunakan untuk Membuat Alat Teori Kinetik Gas Sederhana?

Pada tahun 1709 di Lisbon, Bartolomeu de Gusmo berhasil membuat balon yang dapat bergerak naik di dalam suatu ruangan setelah udara di dalam balondipanaskan.Dia juga membuat balon Passarola yang berhasil terbang dari Benteng Saint George sejauh sekitar satu kilometer.Kemudian tahun 1766, Joseph Black berkeyakinan bahwa balon yang diisi dengan hidrogen akan mampu naik di udara.Balon udara panas adalah teknologi penerbangan pertama oleh manusia, ditemukan oleh Montgolfier bersaudara di Annonay, Perancis pada 1783.Peristiwakebakaran pada suatu malam di benteng Gibraltar membuat Joseph berpikir akan kemungkinan pembakaran dari bara api dapat mengangkat sebuah benda.
Tipe Balon Udara
. Balon udara yang diisi dengan udara panasPada jenis balon udara ini terdapat suatu pembakar yang berfungsi untuk memanaskan udara dalam balon, sehingga udara dalam balon menjadi lebih ringan dari udara luar sekitarnya.b. Balon udara yang diisi dengan gas yang ringanGas yang biasanya digunakan adalah gas hidrogen dan gas helium. Gas hidrogenringan namun mudah terbakar. Sedangkan gas helium tidak mudah terbakar.
Perinsip Kerja Balon UdaraPrinsip kerja pada balon yang diisi dengan udara panas dan balon yang diisi dengan gas ringan pada dasarnya sama, yaitu dengan membuat udara dalam lebih ringan atau memiliki massa yang lebih kecil dari udara sekitar balonmassa jenis yang lebih kecil dari udara luar sekitar balon sehingga balonudara dapat naik (terbang). Sesuai dengan prinsip Archimedes “Gaya apung yangbekerja pada benda yang dimasukkan dalam fluida sama dengan berat fluida yang dipindahkannya”. hal ini sejalan dengan udara sebagai fluida dimana bendadapat terapung pada fluida , jika massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis fluida tersebut.Semua partikel udara di atmosfer ditarik oleh gaya gravitasi ke bawah. Namun tekanan di udara menciptakan gaya ke atas yang bekerja berlawanan dengan gravitasi. Menurut Munson (2003:86) ”arah gaya apung yang merupakan gaya dari fluida terhadap benda berlawanan arah terhadap yang ditunjukkan dalam diagram bebas”.Kumpulanudaramembangun keseimbangan gaya gravitasi, dimana pada titik ini gravitasi tidak cukup kuat untuk menarik ke bawah sejumlah besar partikel. Tingkat tekanan ini adalah tertinggi pada permukaan bumi dimana udara pada tingkat ini dapat menahan beban di udara diatasnya, jika lebih berat berarti lebih besar gaya gravitasi ke bawah. Tapi gaya apung ini adalah lemah dibandingkan dengan gaya gravitasi, hanya sekuat berat udara yang dipindahkan oleh suatu benda.Jelassebagian besar benda padat apa pun akan menjadi lebih berat daripada udara yang dipindahkan, sehingga gaya apung tidak bergerak sama sekali gaya apung hanya dapat memindahkan hal hal yang lebih ringan daripada udara.Untuk membuat benda mengapung di udara, maka berat balon dan muatannya harus lebih ringan dari yang ada di udara sekitarnya ,yaitu dengan mengisi balon dengan udara yang tidak terlalu padat daripada udara disekitarnya.semisal dengan mengisi balon udara dengan gas hidrogen atau gas helium yang memiliki massa jenis lebih kecil dari udara (Massa jenis helium = 0,1786 Kg/m3, udara=1,29 kg/m3).Karena udara dalam balon memiliki kurang massa per unit volume daripada udara di atmosfer yangmembuatnya lebih ringan sehingga gaya apung akan mengangkat balon keatas.
alat dan bahan :
1.Plastik
2.Kawat
3.Spiritus
4.Kain
5.Korek api
6.Gunting
7.Cutter
8.Perekat plastik
9.Bambu
langkah kerja :
1.Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
2.Mengecek alat dan bahan sebelum digunakan, usahakan semua alat dan bahan dalam keadaan baik.
3.Mengukur Volume plastik yang akan digunakan.
4.Membuat bagian bawah balon udara dengan merekatkan bambu yang telah dibentuk sesuai dengan bibir plastik
5.Kemudian memotong kawat secukupnya dan membentuk kawat menyerupai tanda plus(x).
6.Mengaitkan kawat di bagian bawah balon.
7.Di bagian tengah kawat diikatkan kain secukupnya yang telah dicelupkan spiritus.
8.Sebelum diterbangkan, balon dipanasi terlebih dahulu sekitar 10 – 30 detik agar massa jenis udara didalam balon lebih kecil dari pada yang di luar balon.
9.Setelah massa jenis udara didalam balon lebih kecil dari pada yang di luar balon, menyulut kain dengan api agar balon tetap terbang dan mendapatkan pemanas.
10.Mengamati dan menganalisa balon udara yang telah berhasil terbang.
11.Merapikan alat dan bahan setelah digunakan.