jelaskan secara singkat usaha-usaha gajah mada dalam mempersatukan nusantara seperti yang tertuang dalan sumpah palapa ! tercapaikah cita-citanya ? apa buktinya dan jelaskan !

Posted on

jelaskan secara singkat usaha-usaha gajah mada dalam mempersatukan nusantara seperti yang tertuang dalan sumpah palapa ! tercapaikah cita-citanya ? apa buktinya dan jelaskan !

Gajah Mada adalah Mahapatih dari kerajaaan majapahit yang sangat pemberani, ia juga membuktikan kemampuanya dalam memberantas masa pemberontakan Ra Kutih pada zaman Raja Sri Jayanagara.

Gajah Mada kemudian menjadi Amangkhubumi (perdana menteri) yang merupakan puncak kejayaanya pada masa pemerintahan Ratu Thribuwanatunggadewi.

Gajah Mada dikenal dengan Sumpah Palapanya yang tertera dalam catatan Pararaton. Dimana simpulan sumpahnya, ia akan mempersatukan Nusantara sampai ke negeri mata biru.

Gajah Mada mulai menjalani sumpahnya. Sumpahnya hampir berhasil dari mulai daerah Sumatra hingga Ambon ditaklukanya. Namun, pada masa Hayam Wuruk (Patih Majapahit) ingin mempersunting Dyah Pitaloka, putri kerajaan Sunda, Gajah Mada memanfaatkan keadaan tersebut untuk menaklukan Sunda dengan Dyah Pitaloka, Kerajaan Sunda tidak terima dengan perlakuanya maka terciptalah perang Bubat.

Gajah Mada diberhentikan dari posisinya dan dinonaktifkan akibat melakukan pelanggaran investasi militer. Dyah bunuh diri akibat Keluarga dan pasukanya kalah dalam pertempuran. Dan Hayam Wuruk gagal mempersunting Dyah sebagai tanda menyerahnya Sunda.

Sekembalinya Hayam Wuruk, Gajah Mada jatuh sakit dan kemudian meninggal dunia. Sumpah Palapa Gajah Mada, sampai saat ini belum tercapaikan olehnya.

Lihat cerita lebih jelasnya? bisa buka website ini :
https://id.wikipedia.org/wiki/Gajah_Mada

~~terimakasih
semoga membantu!