Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi jika tekanan darah sistole dan diastole diatas normal. Hipertensi dapat menyebabkan jantung harus bekerja keras sehingga otot” nya menebal, hal ini dapat menyebabkan beban terhadap pembuluh…….. Sehingga mudah pecah.

Posted on

A.Arteri semakin besar
B.Vena semakin besar
C.Arteri semakin kecil
D.Vena semakin kecil
.pleasee jawab yang betul. Dan alasannya

Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi jika tekanan darah sistole dan diastole diatas normal. Hipertensi dapat menyebabkan jantung harus bekerja keras sehingga otot” nya menebal, hal ini dapat menyebabkan beban terhadap pembuluh…….. Sehingga mudah pecah.

Jawaban Terkonfirmasi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beban terhadap pembuluh darah C. Arteri semakin kecil, sehingga mudah pecah.  

Karena, pada kondisi hipertensi jumlah darah yang dipompakan oleh jantung melebihi kemampuan tampung pembuluh darah arteri. Hubungannya, Semakin banyak darah yang mengalir maka dinding pembuluh arteri akan semakin sempit dan tekanan darah akan semakin tinggi.

Pembahasan  

Hipertensi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika sejumlah darah yang dipompakan oleh jantung melebihi daya tampung dinding arteri. Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika memiliki tekanan darah melebihi 130/80 mmHg.  

Penyebab hipertensi tidak begitu pasti, karena tekanan darah dapat meningkat secara bertahap bergantung pada aktivitas yang dilakukan. Berikut beberapa kondisi yang memicu tekanan darah tinggi :

  • Kecanduan alkohol
  • Gangguan ginjal
  • Kehamilan
  • Gangguan pernapasan saat tidur
  • Menggunakan/penyalahgunaan NAPZA

Kondisi hipertensi dapat membahayakan tubuh, karena jantung dipaksa untuk memompa darah lebih keras ke seleuruh tubuh. Komplikasi yang dapat ditimbulkan oleh hipertensi adalah gagal ginjal, gagal jantung, stroke, kehilangan penglihatan, aterosklerosis.

Komplikasi yang terjadi dikarenakan jumlah darah yang sangat tinggi. Ketika jumlah darah meningkat sangat mungkin untuk terjadi komplikasi, bergantung dengan hubungan antara jumlah darah dan kapasitas arteri.

Tekanan sistolik merupakan tekanan maksimal jantung berkontraksi yaitu tekanan darah saat bilik jantung berkontarksi. Tekanan diastolik adalah tekanan terendah di antara kontraksi, yaitu tekanan darah pada saat serambi jantung menguncup dan bilik jantung mengembang (jantung beristirahat).

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang macam-macam pembuluh darah brainly.co.id/tugas/738134  

2. Materi tentang organ penyusun sistem peredaran darah brainly.co.id/tugas/12640808

3. Materi tentang hal yang mempengaruhi tekanan sistol dan diastol brainly.co.id/tugas/1905405

—————————–

 

Detil jawaban  

Kelas: XI SMA

Mapel: Biologi  

Bab: Sistem Peredaran Darah

Kode: 11.4.5

#TingkatkanPrestasimu