Peristiwa penting pada masa awal kemerdekaan Indonesia, masa Demokrasi Liberal dan masa Demokrasi Terpimpin

Posted on

Peristiwa penting pada masa awal kemerdekaan Indonesia, masa Demokrasi Liberal dan masa Demokrasi Terpimpin

a. Pemberontakan Kahar Muzakar 
Kahar Muzakar adalah putra Sulawesi yang pada zaman perang kemerdekaan berjuang di Jawa. Setelah kembali ke Sulawesi bergabung dengan Komando Gerilya Sulawesi Selatan (KGSS) dan pada tahun 1950 menuntut agar pasukannya masuk APRIS. 
b. Pemberontakan di Jawa Tengah 
Pengaruh DI meluas di Jawa Tengah, yaitu di daerah Brebes, Tegal, dan Pekalongan yang dihadapi pemerintah dengan operasi-operasi militer. 
c. Pemberontakan di Aceh 
Pengikut DI di Aceh memproklamirkan daerahnya sebagai bagian dari NII pada tanggal 20 September 1953. 
d. Peristiwa 17 Oktober 1952 
Peristiwa ini bersumber pada kericuhan yang terjadi di lingkungan Angkatan Darat. Kol. Bambang Supeno tidak menyetujui kebijaksanaan Kol. A.H. Nasution selaku KSAD. 
e. Peristiwa 27 Juni 1955 
Peristiwa ini merupakan lanjutan peristiwa sebelumnya. Karena dianggap bahwa pemerintah belum mampu menyelesaiakan persolan tersebut. 
f. Dewan-dewan Daerah 
Diawali dengan pembentukan Bewan Banteng oleh Kol (pensiun) Ismail Lengah di Padang (20 November 1956), dengan ketuanya Ahmad Husein, Komandan Resimen IV Tentara Teritorium (TT) I di Padang. 
g. Usaha Pembunuhan terhadap Kepala Negara 
Rasa tidak puas golongan ekstrim kanan memuncak dan dilampiaskan dalam bentuk usaha pembunuhan terhadap Presiden Soekarno di Perguruan Cikini Jakarta (30 November 1957). Pemberontakan PRRI dan Permesta 
Akhmad Husein, beserta para tokoh Masyumi dan dewan daerah mengadakan rapat di Sungai Dareh, Sumatra Barat (9 Januari 1958).
endi · 4 tahu