Hasil pengamatan Robert Brown menemukan bagian sel, yaitu?

Posted on

Hasil pengamatan Robert Brown menemukan bagian sel, yaitu?

Jawaban Terkonfirmasi

Hasil pengamatan Robert Brown menemukan bagian sel, yaitu … nukleus atau inti sel

Pembahasan:

Robert Brown (21 Desember 1773 – 10 Juni 1858) adalah seorang ahli botani Skotlandia yang berkontribusi penting untuk ilmu biologi melalui perintisan dalam menggunakan mikroskop. Kontribusinya salah satunya adalah deskripsi terinci paling awal dari inti sel (nukleus).

Pada tahun 1831, ketika menyelidiki mekanisme pembuahan tanaman dalam keluarga Orchidaceae (anggrek) dan Asclepiadaceae, ia mengamati adanya struktur di dalam sel-sel anggrek, serta banyak tanaman lain, yang ia sebut sebagai "inti" sel atau nukleus.

Nukleus adalah organel yang ditemukan dalam sel eukariotik (tanaman, hewan dan jamur). Nukleus terletak di dalam membran inti yang menutup sepenuhnya. Nukleus ini berisi sebagian besar materi genetik sel. Bahan ini disusun sebagai molekul DNA, bersama dengan berbagai protein, untuk membentuk kromosom.

Adanya nukleus membedakan sel eukariotik dengan sel prokariotik, seperti bakteri, yang tidak memiliki membran inti dan tidak memiliki nukleus. Pada sel prokariotik, materi genetik hanya mengumpul di dalam sel saja, tanpa terpisah dengan membran ini dari sitoplasma.

Materi genetik yang berada di dalam inti sel ini berperan menentukan sifat individu, dan akan mengalami pembelahan saat sel membela diri.

Pelajari lebih lanjut:

1. Jelaskan persamaan jamur dengan tumbuhan?  

brainly.co.id/tugas/18387057  

2. Contoh sel prokariotik dan eukariotik  

brainly.co.id/tugas/717409  

Detail Jawaban      

Kode: 8.4.6  

Kelas: VIII  

Mata pelajaran: Biologi    

Materi: Bab 6 – Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan  

Kata kunci: Inti Sel