Sebutkan bukti yang menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia sejak abad ke-21​

Posted on

Sebutkan bukti yang menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia sejak abad ke-21​

Jawaban:

Ada 2 bentuk bukti yang menunjukkan bahwa islam masuk ke indonesia pada sekitar abad 7 masehi yakni:

Peninggalan Sejarah

Penelitian Sejarah

Pembahasan

Dalam peninggalan sejarah, ada beberapa bukti yang  menunjukkan bahwa islam masuk ke indonesia pada sekitar abad 7 masehi. Yakni:

Berita Cina dari Dinasti Tang

Isinya menyatakan bahwa adanya orang – orang Ta-Shih (Ta-Cheh) yang disamakan dengan pedagang Arab yang datang ke wilayah nusantara. Para pedagang Arab tersebut menyebut kerajaan Sriwijaya dengan sebutan Zabag atau Sribusa.

Berita Bangsa Arab 

Pendapat ini diidasarkan akan adanya berita yang diperoleh dari para pedagang Arab. Dari berita tersebut, dinyatakan bahwa para pedagang Arab pada masa itu telah menjaalin hubungan dagang dengan Indonesia, khususnya pada masa perkembangan Keraajaan Sriwijaya yang dikenal masih ada pada abad ke tujuh.

Catatan perjalanan Al Mas’udi

Dalam catatan ini dinyatakan bahwa pada tahun 675 M, terdapat utusan dari raja Arab Muslim yang berkunjung ke Kalingga. Pada tahun 648 diterangkan telah ada koloni Arab Muslim di pantai timur Sumatera.

Adapun dari penelitian sejarah, islam telah ada pada abad 7 dinyatakan dalam beberapa pernyataan, di antaranya adalah:

Seminar mengenai Masuknya Islam ke indonesia di medan

Dinyatakan bahwa di dalam seminar ini yang diselenggarakan pada Ahad 17-20 maret 1963. Dalam kesimpulan seminar ini dinyatakan bahwa  Islam telah masuk ke Indonesia langsung dari Arab.

Harry W. Hazard dalam Atlas of Islamic History (1954)

Dalam bukunya, diterangkan bahwa kaum Muslimin masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M yang dilakukan oleh para pedagang muslim yang selalu singgah di sumatera dalam perjalannya ke China.

Teori Makkah oleh Buya Hamka

Pernyataan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 juga di dukung oleh teori mekkah, yaitu Islam dipercaya tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M

Gerini dalam Futher India and Indo-Malay Archipelago

Dalam penelitiannya, dijelaskan bahwa kaum Muslimin sudah ada di kawasan India, Indonesia, dan Malaya antara tahun 606-699 M.

Pendapat Prof. Sayed Naguib Al Attas dalam Preliminary Statemate on General Theory of Islamization of Malaya-Indonesian Archipelago (1969),

Di dalamnya mengungkapkan bahwa kaum muslimin sudah ada di kepulauan Malay-Indo pada 672 M. Prof. Sayed Qodratullah Fatimy dalam Islam comes to Malaysia mengungkapkan bahwa pada tahun 674 M. kaum Muslimin Arab telah masuk ke Malaya.

Pendapat Prof. S. M. Huseyn Nainar, dalam makalah ceramahnya berjudul "Islam di India dan hubungannya dengan Indonesia"

Di dalam pernyataannya, ia menyatakan bahwa beberapa sumber tertulis menerangkan kaum Muslimin India pada tahun 687 sudah ada hubungan dengan kaum muslimin Indonesia.

Penenelitian W.P. Groeneveld dalam Historical Notes on Indonesia and Malaya Compiled From Chinese sources

Di dalam penelitiannya ini menjelaskan bahwa pada Hikayat Dinasti T’ang memberitahukan adanya Arab muslim berkunjung ke Holing (Kalingga, tahun 674).

Penelitian T.W. Arnold dalam buku "The Preching of Islam a History of The Propagation of The Moslem Faith"

Di dalam penelitian atau pendapatnya ini menjelaskan bahwa Islam datang dari Arab ke Indonesia pada tahun 1 Hijriyah (Abad 7 M).

Menurut pendapat ahli sejarah W.P. Groenevelat 

Ia mengatakan bahwa pedagang – pedagang Arab masuk bermukim di pantai barat Sumatera sejak tahun 674 Masehi. Pemukiman pedagang Arab di pantai barat Sumatera itu diperkirakan berada di pelabuhan Barus, Sumatera Utara.