Lima museum di Jakarta dan alamat serta isi di dalam Museum​

Posted on

Lima museum di Jakarta dan alamat serta isi di dalam Museum​

1. Museum Taman Prasasti

terletak di Jalan Tanah Abang 1 No 1, Jakarta Pusat. Di sana, bisa melihat berbagai koleksi prasasati batu nisah megah dari zaman kolomial hingga masa kemerdekaaan. Dulu sebelum menjadi museum, lokasi ini merupakan Makam Kebon Jahe Kober yang telah ada sejak 1795.

Tahun 1950-1970 atas instruksi Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin, jenazah dipindahkan ke beberapa makam seperti Menteng Pulo dan Taman Kusir agar dapat dijadikan museum.

2. Museum Sejarah Jakarta

Alamat museum ini berada di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1, Jakarta Barat

Museum yang dikenal dengan Museum Fatahillah atau Museum Batavia ini terletak di Kawasan Kota Tua Jakarta. Dalam museum ini, wisatawan dapat menelusuri koleksi-koleksi yang ada di Museum Fatahillah seperti Prasasti Ciaruteun, Meriam Jagur, mebel-mebel antik dari abad ke-17 hingga 19.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Beralamat di Jalan Pos Kota, Jakarta Barat.

Museum ini memajang keramik lokal dan internasional, serta lukisan dari karya pelukis ternama Indonesia seperti Raden Saleh.

4. Museum Bank Indonesia

Tak jauh dari Museum Sejarah Jakarta, terdapat Musem Bank Indonesia yang tak kalah menarik. Anda bisa melihat jejak perkembangan sejarah Bank Indonesia dari masa ke masa.

Di dalam museum ini, pengunjung bisa melihat perjalanan sejarah bangsa dimulai sejak sebelum kedatangan bahsa barat higga terbentuknya Bank Indonesia di tahun 1953. Yang membuat Bank Indonesia semaki menarik karena penyajian koleksi dan pemaparan sejarah yang dikemah sedemikian rupa dengan display elektronik. Tak ketinggalan diorama dan koleksi-koleksi bersejarah lainnya menciptakan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin mengulik sejarah bank Indonesia. Koleksi-koleksi mata uang juga bisa Anda temui lengkap di dalam Museum Bank Indonesia.

5. Museum Nasional

Terletak di Jalan Medan Merdeka Barat atau berada di sebelah barat dari Tugu Monas (Monumen Nasional)

Museum ini memiliki koleksi benda-benda prasejarah dengan tujuh jenis yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi.

Semoga bermanfaat yaaa