Masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja dan memiliki kesepakatan antar anggota disebut?..​

Posted on

Masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja dan memiliki kesepakatan antar anggota disebut?..​

Jawaban Terkonfirmasi

Masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja dan memiliki kesepakatan antar anggota disebut

Solidaritas Organik

Pembahasan

Kelompok sosial merupakan sekumpulan individu yang saling berinteraksi satu dengan lainnya untuk memenuhi kebutuhannya dan menimbulkan rasa ketergantungan dan kebersamaan antar individu dalam kelompok.

Terdapat berbagai jenis kelompok sosial, salah seorang ahli Sosiologi yang berasal dari Perancis yang bernama Emile Durkheim membagi masyarakat menjadi dua kelompok sosial berdasarkan ikatan sosialnya, atau yang sering disebut dengan Solidaritas. Yaitu :

1. Solidaritas Mekanik

Solidaritas mekanik merupakan suatu ciri yang menandai masyarakat sederhana yang terebntuk dalam kelompok – kelompok kecil. Pada masyarakat ini belum ada pembagian kerja karena setiap pekerjaan dikerjakan secara bergotong royong. Hubungan di antara anggotanya cenderung akrab dan didasarkan oleh adanya kesamaan dan kesadaran bersama yang kuat. Contoh masyarakat dengan solidaritas mekanik adalah masyarakat yang tinggal di pedesaan.

2. Solidaritas Organik

Solidaritas organik merupakan kelompok masyarakat yang telah kompleks, beragam dan mengenal pembagian kerja secara rinci. Karena adanya pembagian kerja yang rinci, maka akan muncul berbagai keahlian tertentu yang dimiliki oleh setiap anggota masyarakat yang mengakibatkan saling ketergantungan. Akan tetapi kesadaran diri dalam kelompok solidaritas organik lemah. Contohnya adalah kelompok masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Pelajari Lebih Lanjut

Detil Jawaban

Kelas : 11

Mata Pelajaran : Sosiologi

Bab : Kelompok Sosial

Kode : 11.20.6

Kata Kunci : solidaritas, solidaritas organik, kelompok sosial, masyarakat yang mengenal pembagian kerja