Jelaskan perbedaan antara fungsi manifes agama dengan fungsi laten agama​

Posted on

Jelaskan perbedaan antara fungsi manifes agama dengan fungsi laten agama​

Jawaban:

Pelajaran: IPS

Materi. : Fungsi manifes dan laten

Jangan Lupa love dan follow

Penjelasan:

Perbedaan nya

•Fungsi Manifes:

-adanya pola-pola keyakinan (doktrin) yang menentukan sifat hubungan, baik antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa maupun hubungan antara sesama manusia,

-adanya upacara ritual yang melambangkan suatu pola keyakinan (doktrin) dan mengingatkan manusia terhadap keberadaan pola keyakinan (doktrin) tersebut.,

-dan adanya pola perilaku umat yang konsisten dengan ajaran-ajaran yang diyakini.

•Fungsi Laten:

-Tempat peribadatan, selain berfungsi sebagai tempat untuk melakukan kegiatan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga berfungsi sebagai tempat untuk saling bertemu dan saling berkomunikasi antara sesama umat beragama. Masjid, misalnya, selain digunakan sebagai tempat shalat bagi umat Islam, juga digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan pengajian umum, musyawarah, berdiskusi, dan lain sebagainya.

-Semangat manusia untuk dapat melaksanakan ajaran agama secara baik telah menumbuh kembangkan semangat lain dalam berbagai bidang kehidupan. Misalnya: semangat untuk dapat melakukan ibadah haji bagi umat Islam telah menumbuhkan semangat kerja yang tinggi sehingga dicapai pula prestasi ekonomi yang tinggi.

-Semangat untuk mengembangkan ajaran agama telah memacu pula semangat untuk mengembangkan strategi dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seperti: melakukan kegiatan dakwah melalui internet, radio, televisi, dan lain sebagainya.

Dan itu saja yang dapat saya bantu kalo ada yang salah mohon dimaafkan

Sekian dan terimakasih