Kelarutan garam AgCl yg sukar larut akan bertambah besar jika ke dalam larutan ditambahkan

Posted on

a. AgNO3
b. NaCl
c. Air
d. NH3
e. AgCl

Kelarutan garam AgCl yg sukar larut akan bertambah besar jika ke dalam larutan ditambahkan

Jawaban Terkonfirmasi

Kelarutan garam AgCl yg sukar larut akan bertambah besar jika ke dalam larutan ditambahkan AgCl (E)

Penjelasan:

Kelarutan adalah Jumlah maksimum dari zat tersebut yang mampu larut dalam sejumlah pelarut/larutan pada suhu tertentu. Kelarutan dinyatakan dalam satuan mol/L atau sama dengan Molaritas (M).

Suatu zat yang dilarutkan pasti akan mengalami reaksi kimia dan mencapai suatu kesetimbangan. Jika kita memasukkan sedikit saja kristal garam tersebut ke dalam segelas air dan kemudian diaduk, kita akan melihat bahwa sebagian besar garam tersebut tidak larut (mengendap di dasar gelas).

Namun, berdasarkan hasil percobaan dalam kondisi jenuh suatu garam tetap mengalami proses melarut yang lajunya sama dengan proses pengkristalan yang terjadi di dalamnya, atau dalam arti lain bahwa dalam proses pelarutan tersebut terjadi proses kesetimbangan antara zat padat tak larut dengan larutannya.

Jika mengacu pada bab kesetimbangan kimia akan diperoleh tetapan kesetimbangan, Nilai tetapan kesetimbangan dari suatu zat yang sedikit larut ini disebut dengan Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp).

Nilai kelarutan dan tetapan hasil kali kelarutan dari suatu zat berhubungan satu dengan yang lain, dimana nilai tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) dapat di tuliskan sebagai hasil kali konsentrasi suatu ion yang dipangkatkan koefisiennya dikalikan dengan konsentrasi ion lainnya yang dipangkatkan koefisiennya

Berdasarkan pada Asas Le Chatelier, kelarutan suatu garam juga dipengaruhi oleh Ion senama, hal ini terjadi karena ketika terjadi penambahan ion yang senama maka Kesetimbangan dari larutan garam yang sudah jenuh akan mengalami pergeseran ke arah kiri (Reaktan) sehingga garam tersebut akan semakin sukar untuk larut.

Berdasarkan pada penjelasan diatas, maka kita bisa lakukan analisis pada setiap pilihan jawaban yang ada.

AgCl  <==>  Ag⁺  +  Cl⁻

Garam AgCl terdiri dari komponen berupa ion Ag⁺ dan ion Cl⁻.

a. AgNO₃

   AgNO₃  <==>  Ag⁺  +  NO₃⁻

  Pada penambahan AgNO₃ terhadap garam AgCl maka akan ada pengaruh ion senama Ag⁺ sehingga kesetimbangan akan bergeser pada arah reaktan (kiri) yang mengakibatkan garam AgCl lebih sukar larut dibandingkan keadaan awal.

b. NaCl

    NaCl  <==>  Na⁺  +  Cl⁻

    Pada penambahan NaCl terhadap garam AgCl maka akan ada pengaruh ion senama Cl⁻ sehingga kesetimbangan akan bergeser pada arah reaktan (kiri) yang mengakibatkan garam AgCl lebih sukar larut dibandingkan keadaan awal.

c. Air

   Penambahan air pada proses pelarutan akan menyebabkan larutan menjadi lebih encer dan mempermudah proses pelarutan namun tidak semua logam atau kation pada garam mudah larut dalam air, dan penambahan air tidak berpengaruh pada nilai Ksp.

d. NH₃

   Penambahan larutan NH₃ pada garam AgCl tidak akan memberikan pengaruh pada nilai kelarutan, karena NH₃ tidak memiliki ion senama dengan AgCl.

e. AgCl

   AgCl  <==>  Ag⁺  +  Cl⁻

   Pada penambahan AgCl terhadap garam AgCl maka akan ada pengaruh ion senama Ag⁺ dan Cl⁻ sehingga kesetimbangan akan bergeser pada arah reaktan (kiri) yang mengakibatkan garam AgCl lebih sukar larut dibandingkan keadaan awal.

Berdasarkan pada analisis jawaban diatas, maka penambahan AgNO₃, NaCl, dan AgCl akan menambah kecil nilai kelarutan dari garam AgCl yang sudah sukar untuk larut sehingga akan semakin sulit untuk larut karena adanya pengaruh ion senama di dalamnya.

Namun, berdasarkan ketiganya penambahan AgCl ke dalam garam AgCl akan memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan pada penambahan AgNO₃ dan NaCl karena pada penambahan AgCl terdapat pengaruh 2 ion senama yaitu Ag⁺ dan Cl⁻, sehingga ketika terjadi penambahan AgCl kedalamnya, maka garam AgCl akan bertambah sukar untuk larut dibandingkan ketika terjadi penambahan AgNO₃ dan NaCl.

Sehingga jawaban yang lebih tepat adalah (E). AgCl.

Demikian pembahasan tentang Kelarutan dan pengaruh ion senama, semoga membantu.

Pelajari soal-soal Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan lainnya melalui link berikut:

Menghitung nilai Ksp Larutan

brainly.co.id/tugas/10275085

Pengertian Ksp

brainly.co.id/tugas/15391809

Menghitung Kelarutan dalam Air

brainly.co.id/tugas/15392299

Menghitung nilai Kelarutan dalam Ion Senama

brainly.co.id/tugas/15065682

Selamat Belajar dan Tetap Semangat!!!

#AyoBelajar

————————————————————————————————

Detail Jawaban:

Kelas          : XI

Mapel         : Kimia

BAB            : Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Kode           : 11.7.9.

———————————————————————————————–