Berdirinya dinasti Abbasiyah selain diperjuangkan oleh Bani Abbas, juga didukung oleh kelompok lain, yaitu​

Posted on

Berdirinya dinasti Abbasiyah selain diperjuangkan oleh Bani Abbas, juga didukung oleh kelompok lain, yaitu​

Jawaban:

kelompok Bani Umayyah atau Bani Hasyim

Penjelasan:

Awal Berdirinya Dinasti Abbasiyah

Dinasti Abbasiyah berdiri setelah mereka berhasil menaklukkan Dinasti Umayyah. Keturunan Al-Abbas Menjadi Pendiri Dinasti Abbasiyah, yaitu Abdullah al-Saffah bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin al-Abbas.

Kelompok Abbasiyah merasa lebih layak memegang tonggak kekuasaan yang diberikan kepada Bani Umayyah karena mereka berasal dari Bani Hasyim yang lebih dekat dengan garis keturunannya dengan Nabi Muhammad. Saat melaporkan sejarah runtuhnya bani Umayyah .

Sejarah berdirinya dinasti Abbasiyah tidak dapat dilepaskan dari peperangan yang berdarah dan bergejolak. Pada awalnya, cicit dari Abbas bernama Muhammad bin Ali berkampanye untuk mengembalikan kekuasaan pemerintahan kepada keluarga Bani Hasyim di Parsi ketika Umar bin Abdul Aziz masih memerintah. Pertentangan semakin memuncak pada masa pemerintahan khalifah Marwan II.

Menjelang berakhirnya dinasti Umayyah, ada kelompok dari Bani Hasyim yang teraniaya sehingga melakukan perlawanan. Kelompok Bani Hasyim keturunan Ali yang dipimpin oleh Abu Salamah dan keturunan Abbas yang dipimpin oleh Ibrahim Al-Iman.

  • Selain itu juga ikut kelompok keturunan bangsa Persia, pimpinan Abu Musli al-Khurasany bekerja sama menaklukkan dinasti Umayyah. Pada akhirnya kaum Abbasiyah berhasil menaklukkan pemimpin terakhir Umayyah, yaitu Marwan bin Muhammad. Abu Abbas al-Saffah berhasil meruntuhkan Bani Umayyah dan diangkat sebagai khalifah.

Selama tiga abad bani Abbasiyah memegang kekuasaan kekhalifahan, mengusung kepemimpinan gaya Islam dan menyuburkan kembali ilmu pengetahuan dan pengembangan budaya di Timur Tengah.