Langkah setelah latar belakang dalam membuat proposal adalah …

Posted on

Langkah setelah latar belakang dalam membuat proposal adalah …

Langkah-langkah membuat latar belakang proposal

Menemukan Masalah di lingkungan anda (jangan Langsung Buat Judul). Dalam membuat skripsi, karya ilmiah atau melakukan penelitian hal yang dicari pertama kali bukanlah JUDUL. Yup..sering kali, banyak mahasiswa yang ketika diminta untuk membuat skripsi langsung pusing dengan menentukan JUDUL terlebih dahulu. Ya seperti saya dulu,. Jadi ketika kita membuat Skripsi kemudian kita membuat judul terlebih dahulu, maka yang sulit adalah menemukan masalah yang ada, membuat latar belakangnya, menemukan data awalnya. Akan bagus jika kita mau mencari data yang sesuai dengan judul kita, lah kalau tidak mau hehehe CELAKA di akhir episode nanti. Maka sangat penting untuk mengikuti alur yang sudah ada yaitu dengan menemukan masalah. Masalah adalah kondisi yang tidak di harapkan. Sementara pendapat lain lebih jelas mengungkapkan bahwa masalah dalam penelitian adalah terjadinya ketimpangan antara harapan dan kondisi yang ada. Misal dalam kelas di harapkan rata-rata nilai siswa di kelas 5 di atas KKM pada mata pelajaran matematika, tapi pada keadaanya ternaya nilai rata-rata siswa di kelas di bawah KKM. Maka itu dapat di sebut sebagai masalah.
Mencari data pendukung. Setelah kamu menemukan masalah yang kamu cari maka langkah selanjutnya yaitu menemuka data-data pendukung yang menunjukan bahwa terjadi masalah di kelas kamu. Data-data pendukung tersebut dapat berupa, hasil nilai siswa atau juga hasil wawancara dan mungkin hasil observasi pengamatan di kelas. Alangkah baiknya data seperti hasil nilai siswa dan hasil wawancara dengan wali kelas di masukan di sini. Karena akan memperkuat argument kmau yang menunjukan masalah yang sedang terjadi di kelas.
Mencari Solusi dari Masalah yang telah di tentukan. Namamnya juga penelitian, tujuannya yaitu menemukan ilmu pengetahuan baru, menguji ilmu pengetahuan yang telah ada, atau mengembangkan pengetahuan yang ada. Ketika ada masalah maka langkah selanjutnya yaitu mencari solusi dari masalah tersebut. Setelah kita menemukan masalah seperti pada langkah pertama dan kedua, maka selanjutnya kita di hadapkan untuk mencari solusi. SOlusi yang kita berikan harus berlandaskan oleh teori-teori yang sudah ada. An akan lebih kuat biasanya jika di dukung oleh penelitian-penelitian terdahulu. Maka untuk mencari solusi, carilah referensi teori-teori tentang metode, model, atau media yang dapat mengaatasi masalah pembelajaran yang sebelumnya telah di temukan.
Menyimpulkan sebagai hipotesis sementara bahwa Solusi yang diberikan dapat mengatasi masalah. Langkah terakhir setelah kamu menuliskan masalah, mencantumkan data-data pendukung, dan menentukan solusi yang di dukung oleh teori-teori serta penelitian terdahulu adalah menuliskan kesimpulan. Kesimpulan di latar belakang adalah kesimpulan yang melandasai kamu melakukan penelitian ini. Seperti contoh berikut “Berdasarkan penjelasan di atas maka dari itu peneliti memilih untuk meneliti pengaruh dari metode make a match pada pembelajaran matematika kelas 5 SD batur semarang”.

Dalam membuat latar belakang sebenarnya hanya ada dua kata kunci umum yaitu, ada masalah dan di carikan solusi. Yang membuat banyak dan panjang latar belakang adalah data-data pendukungnya. Mulai dari Landasan Yuridis, Landasan Empiris, Landasan Teoritis, dan Penelitian Terdahulu.
Landasan Yuridis adalah landasan yang isinya tentang Peraturan atau UU yang mendukung, seperti UU tentang system pendidikan nasional dan masih banyak aturan lainnya.
Landasan Empiris adalah landasan yang berisi data-data nyata yang ada di lapangan, seperti data nilai siswa, data usia siswa, data latar belakang keluarga siswa, hasil wawancara, hasil pengamatan dan lain sebagainya.
Landasan Teoritis adalah landasan yang isinya teori-teori yang mendukung argument yang kamu berikan. Ya speeti pendapat ahli tentang pengertian suatu hal, atau solusi suatu hal. Yang ini yang penting ambilnya dari buku, gitu aja.
Terakhir yaitu penelitian terdahulu, merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan sekiranya cocok dan dapat mendukung argument kamu tentang solusi yang kamu tawarkan. Carilah pada jurnal-jurnal tertentu. Di Internet juga banyak hasil jurnal penelitian.